Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAT / UKK PAI Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban Tahun 2023

Gurumaju.com – Dalam dunia pendidikan tidak lepas dari yang namanya penilaian hasil belajar. Nama kerennya adalah UAS alias Ujian Akhir Semester. Dengan pengadaan ujian inilah dapat menjadi tolak ukur keberhasilan belajar siswa. Untuk itu selalu muncul Soal UAS PAI kelas 6 semester 2 revisi terbaru.

Soal PAT / UKK PAI Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban Tahun 2023
Soal PAT / UKK PAI Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban Tahun 2023

Untuk membuat soal-soal UAS yang akan diujikan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bukan yang penting jadi saja, melainkan ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Misalnya saja memperhatikan kemampuan siswa untuk menganalisa serta menjawab semua pertanyaan yang ada. Berikut penjelasannya.

Tahapan Mengembangkan Soal UAS PAI Kelas 6 Semester 2 Revisi Terbaru

Seperti yang sudah disinggung tadi bahwa soal UAS PAI Kelas 6 semester 2 revisi terbaru haruslah memenuhi kriteria dari anak didik. Maka dari itu diperlukan kisi-kisi untuk menunjang pembuatan soal tersebut. Kisi-kisi ini berisikan informasi yang akan menjadi pedoman untuk merakit atau menulis soal.

Jadi bisa dikatakan sebagai pandukan untuk menyusun soal yang baik dan sesuai. Sebelumnya memang diharuskan untuk menyusun kisi-kisi, dan hal ini menjadi langkah penting yang memang wajib dituntaskan terlebih dahulu. Namun akan jauh lebih baik jika sekolah satu dengan yang lain tidak menggunakan kisi-kisi sama.

Pasalnya jika hal tersebut terjadi maka yang hasilnya nanti adalah kemunculan soal-soal pararel alias sama dengan tingkat kedalaman cakupan materi yang juga sama. Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk mengembangkan soal UAS PAI Kelas 6 semester 2 revisi terbaru.

1. Menyusun kisi-kisi materi

Kisi-kisi menjadi pedoman bagi tenaga pengajar untuk mendapatkan soal yang sesuai dengan tujuan.

2. Menulis soal

Tahapan berikutnya adalah menulis soal UAS PAI Kelas 6 semester 2 revisi terbaru menggunakan kisi-kisi yang sudah jadi. Menyusun soal ini harus benar-benar dipertimbangkan bobotnya.

3. Melakukan telaah dan perbaikan

Review merupakan proses menelaan soal mentah secara kualitatif yang disesuaikan dengan kaidah penulisan soal oleh pembuatnya. Hasilnya nanti akan diklasifikasikan menjadi soal yang berkualitas baik, kurang baik dan ditolak.

Soal yang berkualitas baik akan langsung diterima dan bisa dicantumkan dalam kertas ujian, soal yang kurang baik harus dilakukan perbaikan lagi sehingga menjadi lebih berkualitas, dan soal yang ditolak tidak boleh digunakan karena belum mencukupi standart ketentuan.

4. Perakitan soal

Soal-soal yang lolos tahapan review akan dirakit menjadi beberapa paket sekaligus. Disaat yang sama akan dimasukkan lagi sejumlah soal yang berguna sebagai linking antarpaket. Namun sebagian sekolah tidak menggunakan metode paket ini.

5. Ujicoba soal

Paket-paket soal yang sudah dirakit akan dilakukan uji coba untuk mengetahui apakah soal yang telah dibuat memang sesuai dengan kemampuan siswa atau sebaliknya. Adapun tujuannya adalah mengumpulkan data-data empiric terkait soal berupa jawaban dari peserta.

6. Analis kuantitaif

Data empiric yang telah didapatkan akan dilakukan analisa secara kuantitatif dengan memakai program analisis baik klasik maupun modern.

7. Seleksi soal

Tahapan terakhir adalah melakukan seleksi soal. Berdasarkan kualitasnya soal yang baik mempunyai daya beda tinggi dengan ditunjukkan oleh point biserial di atas 0,2 dan semua distractor berfungsi. Soal yang mempunyai daya beda rendah perlu direvisi, dan daya beda harus ditolak.

Selengkapnya mengenai tahapan penyusunan soal UAS PAI kelas 6 semester 2 revisi terbaru yang dapat menjadi acuan untuk Anda. Namun jika ingin langsung mengetahui contoh, link berikut bisa diklik dan download filenya.

Silahkan bagi rekan-rekan yang memerlukan file Soal PAT Pendidikan Agama Islam Kelas 6 semester 2 kurikulum 2013 atau Soal UKK PAI Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi 2023, download filenya dalam format docx melalui tautan dibawah ini:

Download Soal PAT / UKK PAI Kelas 6
Soal UAS PAI Kelas 6 Versi 1 [Download]
Soal UAS PAI Kelas 6 Versi 2 [Download]

-------------------
Rekomendasi Kami:
Soal UAS PAI Kelas 1 Semester 2 [DISINI]
Soal UAS PAI Kelas 2 Semester 2 [DISINI]
Soal UAS PAI Kelas 3 Semester 2 [DISINI]
Soal UAS PAI Kelas 4 Semester 2 [DISINI]
Soal UAS PAI Kelas 5 Semester 2 [DISINI]
Soal UAS PAI Kelas 6 Semester 2 [DISINI]
_________________
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 1 Semester 2 [DISINI]
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 2 Semester 2 [DISINI]
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 3 Semester 2 [DISINI]
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 4 Semester 2 [DISINI]
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 5 Semester 2 [DISINI]
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 6 Semester 2 [DISINI]

Demikian Informasi mengenai Soal PAT / UKK PAI Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban Tahun 2023 yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Soal PAT / UKK PAI Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban Tahun 2023"