Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi

Gurumaju.com – Pada prinsipnya pelaksanaan terhadap suatu ujian ataupun tes dibutuhkan supaya hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Untuk melaksanakan tes itu sendiri juga diperlukan perencanaan yang matang seperti membuat kisi-kisi UAS PAI Kelas 5 semester 2 K13 revisi

Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi
Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi

Perencaan yang teliti, terarah, dan terkonsep akan memberikan jaminan bahwa tenaga pengajar bisa melakukan pengukuran akan penguasaan pembelajaran yang cukup relevan dengan hasil yang sifatnya representiv. Sementara pada kisi-kisi sendiri menjadi perencana dalam penyusunan tes yang akan diberlakukan.

Apa Itu Kisi-Kisi Pada UAS dan Bagaimana Fungsi Besarnya?

Secara garis besar kisi-kisi UAS PAI Kelas 5 semester 2 K13 revisi merupakan sebuah format atau matriks yang isinya memuat beberapa kriteria terkait soal-soal yang dibutuhkan ataupun akan disusun. Selain itu kisi-kisi juga sering disebut sebagai table of specification.

Artinya merupakan deskripsi kompetensi serta materi yang akan diujikan nanti. Jika ditanya wujudnya maka lebih mirip seperti sebuah tabel yang bermuatkan terkait perperincian materi serta tingkah laku yang sesuai dengan kehendak dari pihak penilai.

Di tiap kotak dari kisi-kisi UAS PAI Kelas 5 semester 2 K13 revisi berisikan dengan bilangan-bilangan yang memperlihatkan jumah dari soal-soal nanti. Ada pula yang mengartikan bahwa kisi-kisi merupakan sebuah format yang berupa matriks dan memuat sejumlah informasi untuk dijadikan panduan menulis.

Nantinya pihak pembuat soal akan memakainya untuk merakit soal menjadi suatu satu kesatuan tes. Disamping itu kisi-kisi juga berisikan beberapa ruang lingkup serta isi dari materi yang akan dujikan. Sehingga hasil akhir soal-soal yang sudah jadi akan terstruktur sesuai dengan standartnya.

Adapun beberapa fungsi dari kisi-kisi UAS PAI Kelas 5 semester 2 K13 revisi yang dapat diketahui adalah sebagai berikut :

1. Menjadi penyelaras soal

Dari sekian banyak penulis yang merangkai soal akan menghasilkan perangkat soal yang relative sama. Baik dari segi tingkat kedalaman maupun cakupan materi yang akan dipertanyakan. Nah disinilah kisi-kisi akan berperan untuk menselaraskan perangkat soal.

Sehingga hal ini juga dapat mempermudah dalam kegiatan evaluasi yang dilakukan pada akhir tahap nanti. Maka dari itulah biasanya kisi-kisi ini akan dibuat lebih awal sebelum penulis melakukan penelitian terhadap struktur soal-soalnya.

2. Menjadi panduan membuat soal

Mempunyai pegangan ataupun pedoman dalam penulisan soal menjadi aspek penting ketika tenaga pendidik hendak memberikan soal kepada para siswanya. Pedoman ini dapat menjadi acuan untuk guru dalam penulisan soal sehingga memudahkan membuat serangkaian soal.

3. Menghasilkan soal yang sesuai dengan tujuan tes

Tes merupakan salah satu bahan evaluasi guru kepada keberhasilan murid dalam memahami pembelajaran yang disampaikan. Untuk mengetahuinya tenaga pendidik akan melakukan sejumlah tes evaluasi dengan bermacam-macam jenis terhadap pembelajaran tertentu.

Dalam membuat soal yang memakai kisi-kisi para penuis dapat menghasilkan soal yang sesuai dengan tujuan diadakannya tes. Dengan begitu tingkat kesulitan soal yang diujikan bisa diselesaikan oleh siswa, dan dapat menjadi tolak ukur akan tujuan dari diadakannya tes tersebut.

Kisi-kisi yang berkualitas haruslah bisa memenuhi kriteria seperti komponen-komponennya jelas, dapat mewakili isi, dan materi yang hendak ditanyakan dapat dibuat menjadi soal.

Setidaknya itulah penjelasan sekilas mengenai kisi-kisi UAS PAI Kelas 5 semester 2 K13 revisi. Supaya memudahkan dalam membuatnya berikut ada link download yang mengarahkan pada contoh filenya.

 

Kisi-Kisi Soal UAS/PAS Kelas 5 Semester 2 [Download]

 

Baca Juga:

Perangkat PAI SD K13 Revisi 2021 Lengkap

Demikian Informasi mengenai Kisi-Kisi Soal UAS / PAS Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Terbaru yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi UAS PAI Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi"