Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

45+ Catatan Wali Kelas Siap Pakai Terbaru Tahun 2022 (SD SMP SMA SMK)

Gurumaju.com – Catatan Wali Kelas, merupakan sebuah catatan motivasi, petunjuk, arahan, penyemangat atau lainnya yang biasanya dituliskan dalam sebuah catatan di buku Rapor. Pada artikel ini, Admin akan berbagi pengalaman dalam memberikan Catatan Wali Kelas yang biasa digunakan untuk diinput dalam aplikasi erapor, baik itu untuk erapor SD, Erapor SMP, Erapor SMA atau Erapor SMK, yang semuanya itu menjadi salah satu yang harus di input.

Catatan Wali Kelas Siap Pakai Untuk Rapor K13
Catatan Wali Kelas Siap Pakai Untuk Rapor K13

Bagi rekan-rekan yang biasa menggunakan Erapor tentunya bukan hal baru mengenai catatan ini. Namun bagi rekan-rekan guru yang masih baru menggunakan aplikasi erapor tidak usah bingung karena Anda telah pas menemukan halaman web ini untuk mendapatkan referensi kalimat untuk dilakukan penginputan pada aplikasi erapor.

Dalam pengisian rapor pada aplikasi erapor adalah tugas wali kelas masing-masing, selain menginputkan nilai-nilai, wali kelas juga harus mengisikan sebuah catatan di setiap rapor siswa, baik itu motivasi, saran atau lainnya untuk menyemangati siswa dalam belajar.Momen pembagian rapor adalah sebuah hal yang sangat dinanti-nanti oleh siswa, sehingga sebagai seorang guru khususnya wali kelas, sudah seharusnya memberikan suatu hal yang tidak boleh dianggap remeh oleh seorang guru. Maka dari itu selain berisi nilai-nilai hasil ulangan, dalam aplikasi erapor dilengkapi dengan sebuah motivasi, saran, peringatan, penyemangat yang sering disebut dengan Catatan Wali Kelas yang Memotivasi.

Dalam kegiatan pengisian erapor pada sekolah yang telah menggunakan aplikasi erapor maka ada salah satu tugas wali kelas yang harus di isi yaitu memberikan catatan berupa motivasi atau pemberitahuan yang sifatnya positif pada masing-masing rapor peserta didik sesuai dengan perwaliannya. Catatan wali kelas sangat penting bagi setiap peserta didik,baik catatan wali kelas untuk siswa yang akan lulus, siswa yang tidak lulus, siswa yang akan naik kelas, maupun siswa yang tidak naik kelas tujuannya adalah untuk memberi gambaran akan hasil yang telah dicapai selama kegiatan pembelajaran di sekolah dalam 1 semester maupun selama satu tahun selain itu juga dapat memberi motivasi kepada peserta didik untuk lebih baik pada semester berikutnya atau pada kelas selanjutnya.

Catatan Wali Kelas Terbaru ini dapat berupa kata-kata yang dapat memberikan semangat atau dorongan kepada setiap peserta didik agar peserta didik tersebut dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus di perbaiki dan yang harus di tingkatkan baik dalam hal tingkah laku maupun dalam hal kegiatan pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek penilaian yang di gunakan yaitu penilaian sikap yang meliputi sikap spiritual dan sikap sosial, kemudian penilaian pengetahuan dan juga penilaian keterampilan.

Dari setiap aspek yang di nilai tersebut maka tentunya wali kelas telah memiliki gambaran dari hasil yang telah di capai oleh setiap peserta didiknya sehingga wali kelas mengetahui hal-hal apa saja yang kurang dan perlu untuk di tingkatkan oleh setiap siswa perwaliannya dan hal-hal apa saja yang harus untuk di pertahankan sehingga dari hasil penilaian tersebut wali kelas dapat memberikan catatan dalam bentuk deskripsi yang nantinya menjadi sebuah informasi bagi peserta didik untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya selama proses pembelajaran di sekolah.

Bagi Rekan-rekan yang merasa kesulitan dalam mencari Ide atau Kata-kata sebagai Catatan Wali Kelas untuk muridnya, maka silahkan gunakan salah satu dari sekian banyak contoh yang telah Admin sediakan dibawah ini.

  1. Rajinlah belajar, dan patuhilah tata tertib yang ada di sekolah.
  2. Edo merupakan siswa yang ramah, pertahankan sikap positif tersebut dan tularkan kebaikan tersebut kepada teman-temanmu.
  3. Tingkatkan cara belajarmu supaya kamu dapat memiliki prestasi yang lebih baik lagi.
  4. Belajar merupakan kunci keberhasilan, oleh sebab itu tingkatkan motivasi belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik.
  5. Teruslah belajar agar kamu dapat meraih cita-cita sesuai dengan harapan.
  6. Semangat dalam belajar merupakan kunci kesuksesan. Tingkatkan terus semangat belajarmu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.
  7. Eko, kamu termasuk siswa yang cerdas. Pertahankan cara belajarmu agar prestasimu tetap cemerlang.
  8. Anto, cara belajarmu sudah bagus, teruslah rajin belajar agar kamu menjadi anak yang berhasil.
  9. Jadilah pribadi yang mandiri dan jangan terpengaruh oleh dunia luar yang dapat menjerumuskan pada hal-hal yang negative serta rajinlah terus belajar.
  10. Tingkatkan prestasimu, tetap rajinlah belajar dan jangan lupa berdoa sebelum belajar.
  11. Penilaian pengetahuanmu sudah bagus, namun pada penilaian sikap khususnya sikap dalam hal bekerjasama baik dengan guru dan teman perlu di tingkatkan lagi.
  12. Jangan suka psimis, rajinlah belajar dan selalu optimis dalam setiap mengambil keputusan agar dapat menjadi orang yang sukses.
  13. Pertahankan prestasimu. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. ibu menghargaimu!
  14. Teruslah berkarya dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap kegiatan.
  15. Kezia, selamat kamu meraih prestasi yang baik pada semester ini, bapak guru harap kamu dapat mempertahankannya dengan baik. Selamat ya !
  16. Belajarlah dengan sungguh - sungguh untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi di semester berikutnya.
  17. Vera , pada semester ini kamu telah mengalami perubahan yang sangat baik, terutama dalam pengetahuan akademik, atas hal tersebut kamu layak menjadi juara kelas, dengan menjadi juara kelas, Ibu guru harap kamu bisa mempertahankan prestasi tersebut.
  18. Pertahankan prestasi belajarmu dan jangan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita.
  19. Barto, kamu merupakan siswa yang baik, rajinlah terus belajar dan patuhlah kepada kedua orang tua serta gurumu
  20. Semangat belajarnya perlu ditingkatkan lagi agar dapat memperoleh prestasi yang gemilang.
  21. Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugas kelompok yang diberikan guru. Gurumu menghargaimu!
  22. Ibu menyanyangimu, jadilah siswa yang patuh pada guru dan orang tua.
  23. Pada semester ini ibu melihat kehadiranmu sangat kurang, rajinlah kesekolah dan belajar yang baik agar menjadi siswa yang berprestasi.
  24. Retno kamu siswa yang baik, jangan suka berkelahi yah. Ibu guru sangat menyayangimu !
  25. Sikap tanggung jawabmu dalam menyelesaikan tugas sekolah sudah baik, namun Kurangi ketidakhadiran pada semester-semester berikutnya serta rajinlah untuk terus belajar.
  26. Rajinlah membaca agar pengetahuanmu semakin meningkat dan prestasimu semakin baik.
  27. Jangan terlalu banyak bermain, teruslah belajar agar menjadi pribadi yang sukses di masa depan.
  28. Udin, Kamu siswa yang tekun, selama belajar baik dalam pembelajaran tatap muka maupun secara daring kamu sudah mengikuti semuanya dengan baik. Selamat yah kamu naik kelas.
  29. Usahakan aktif dalam pembelajaran daring, semoga di kelas berikutnya kamu semakin rajin belajar baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah.
  30. Untuk Ananda sagita, Sikap kepedulian, semangat dalam berorganisasi sudah baik dan bisa menjadi contoh rekan - rekan yang lain. Hanya saja, kehadiran dalam kelas pada semester berikutnya lebih ditingkatkan lagi.
  31. Prestasi yang baik adalah kunci sukses untuk meraih cita -cita. Tingkatkan terus motivasi belajarnya dan selalu bersemangat dalam setiap kegiatan disekolah.
  32. Andi Semangat dalam belajarmu sudah bagus. Terus tingkatkan belajar nya yah untuk menuju cita - cita yang diharapkan.
  33. Anton meskipun kamu belum bisa naik kelas namun jangan berkecil hati, Rajinlah kesekolah dan patuhi peraturan sekolah, ibu yakin di tahun pelajaran berikutnya kamu pasti bisa naik kelas.
  34. Vano, kamu termasuk siswa yang cerdas namun ubahlah sikapmu yang kurang baik agar bisa menjadi contoh bagi teman yang lain.
  35. Reva,Jangan suka malas dan bolos lagi yah, semoga di semester berikutnya kamu bisa merubah kebiasaan lamamu menjadi lebih baik lagi agar nantinya kamu bisa naik kelas.
  36. Selama belajar daring kamu telah mengikuti semua tahapan pembelajaran dengan baik, Semoga di kelas selanjutnya kamu terus mempertahankan semangat belajarmu baik belajar secara luring maupun secara daring.
  37. Erna, Selamat kamu mendapat juara kelas. Pertahankan prestasimu di kelas selanjutnya.
  38. Di masa pandemi ini, Ibu lihat kamu kurang aktif dalam pembelajaran Daring, Ibu harap di tahun pelajaran baru kamu bisa lebih aktif lagi yah.
  39. Selamat, Kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan untuk bisa naik kelas, dan kamu dinyatakan NAIK KELAS. Upayakan untuk terus rajin belajar di kelas selanjutnya.
  40. Andre, Selamat yah kamu LULUS, Semoga di jenjang berikutnya kamu bisa sukses dan dapat meraih cita-cita yang kamu impikan. Teruslah semangat dalam belajar dan rajinlah selalu Berdoa.
  41. Iqbal itu murid yang cerdas dan sopan dimata ibu, Nasehat ibu untukmu cuma satu, yaitu Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain.
  42. Jika kita berusaha semampu kita, Walaupun dalam keadaan susah. Allah pun akan membantu memudahkan usaha kita
  43. Tingkatkan Prestasimu, Belajarlah dengan giat dan jangan lupa berdoa.
  44. Jangan menyerah, gali ilmu lebih dalam lagi, selalu ingat cita citamu.
  45. Jangan biarkan rencana dan cita citamu diambil orang lain karena sifat malas, Teruslah giat belajar dan berjuang.
  46. Berat yang kita rasakan hari ini disaat belajar, Akan tergantikan oleh Hasil yang akan kita dapatkan di masa depan Nanti

Untuk lebih memudahkan rekan-rekan guru/wali kelas yang akan memberikan Catatan Wali kelas untuk diinputkan di Aplikasi Rapor K13, maka telah saya sediakan link downloadnya dalam format Word, Maupun Excel, sehingga lebih editable atau lebih mudah untuk anda copy paste dalam Aplikasi.

Catatan Wali Kelas Format .docx [Download]
Catatan Wali Kelas Format .xlsx [Download]
 

Baca Juga:

Catatan Wali Kelas kata-kata singkat [Download]

Catatan Wali Kelas di Masa Pandemi (daring dan luring) [Download]

 

Demikain informasi mengenai beberapa contoh Catatan Wali kelas yang mungkin dapat digunakan untuk referensi rekan-rekan guru dalam membuat catatannya di dalam rapor siswa. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

2 komentar untuk "45+ Catatan Wali Kelas Siap Pakai Terbaru Tahun 2022 (SD SMP SMA SMK)"