DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR LENGKAP SD, SMP, dan SMA DARI KEMDIKBUD

Gurumaju.com -  Download RPP 1 Lembar SD Kelas 1 - 6 Lengkap satu tahun dapat Anda download melalui artikel ini dengan penempatan link download berada dibagian bawah artikel ini.
Download RPP 1 Lembar Lengkap
Download RPP 1 Lembar Lengkap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP daring (dalam jaringan/online) adalah salah satu program yang disiapkan Direktorat Jenderal dan Tenaga Kemdikbud selama masa pandemi. Bersama lima program lainnya, RPP online diluncurkan sebagai bagian dari Seri Webinar Guru Belajar.

Program penunjang selama masa pandemi

Selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Dr. Iwan Syahril, Ph.D mengungkapkan bahwa Seri Webinar Guru Belajar bertujuan untuk menghidupkan ruang diskusi di tengah wabah Covid-19. Selain itu, para pengajar diharapkan mampu beradaptasi dengan anjuran seperti physical distancing dan new normal yang tak memungkinkan mereka bertatap muka langsung dengan para anak didiknya. 

Pelaksanaan yang tepat melalui penyediaan RPP 1 lembar dan materi lainnya diharapkan membantu para guru untuk menjaga kegiatan belajar-mengajar. Sementara para siswa tetap menerima materi yang mereka butuhkan tanpa merasa tertinggal. Nunuk Suryani yang menjabat sebagai sekretaris Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan pun menambahkan Seri Webinar yang mereka selenggarakan adalah upaya menyambut tahun ajaran baru 2020/2021.

Disajikan melalui laman khusus Kemdikbud


Untuk memudahkan para guru dan murid dalam pencarian RPP, Seri Webinar Guru Belajar disajikan dalam laman baru. Laman yang dinamakan Bersama Menghadapi Corona tersebut menyediakan macam-macam informasi seputar pembelajaran gratis, termasuk akses RPP daring yang disusun dan diunggah para guru dari penjuru Indonesia. 

Kemudian, Kemdikbud mengajak sejumlah perusahaan telekomunikasi untuk menyusun data-data aplikasi pembelajaran online. Kumpulan paket tersebut lantas dihadirkan dalam laman lain bernama Guru Berbagi. 

Sesuai namanya, laman ini menjadi wadah bertukar informasi menggunakan model crowdsourcing. Dengan begitu, para guru tak akan kesulitan saat membutuhkan RPP maupun materi pembelajaran. Cakupan jenjang pendidikannya sendiri sudah mencakup PAUD hingga sekolah menengah (termasuk Sekolah Luar Biasa).

Berdasarkan data yang masuk per 27 Juni 2020, kurang lebih ada 736 ribu pengguna yang mengunjungi laman Guru Berbagi dengan total unduhan mencapai 600 ribu kali. Jumlah tersebut mencakup 100 ribu RPP 1 lembar dan 3.000 artikel serta komunitas yang menggerakannya. Sementara kolaborasi yang muncul adalah 152 aksi, termasuk pelatihan serta tips & trick.

Kurang lebih 100 ribu orang sudah mengikuti pelatihan yang disediakan Kemdikbud melalui Guru Berbagi. Pengelolaan yang memadai akan menjadikannya sebagai salah satu sumber inspirasi untuk pengajar yang memerlukan inspirasi selama pandemi belum berakhir.

Menjadi solusi bagi para guru di pelosok


Selain berfungsi sebagai media pembelajaran dan berbagi materi, Guru Berbagi pun menjadi platform solusi bagi pengajar yang berada di pelosok. Pasalnya, mereka dapat mengakses macam-macam materi untuk mengajar beserta RPP daring yang biasanya sukar didapatkan secara offline. Mereka pun dapat memanfaatkannya untuk kegiatan belajar-mengajar bersifat non-daring.

Iwan pun menegaskan Guru Berbagi maupun program lain yang disediakan Kemdikbud dapat membantu guru maupun siswa untuk membiasakan mereka terhadap perubahan mendadak. Dalam hal ini wabah Covid-19 yang memaksa lembaga pendidikan seperti sekolah untuk tutup sementara waktu hingga waktu yang tak ditentukan.

Di sisi lain, penggunaan teknologi yang optimal untuk kebutuhan edukasi dianggap bisa mendorong inovasi-inovasi menarik di bidang pendidikan. Jadi para narasumber seperti guru dan akademis dapat memakainya semaksimal mungkin untuk menghadirkan tema-tema bermanfaat dan berkualitas.

Program-program lain dari Kemdikbud


Selain RPP 1 lembar yang bisa diunduh gratis di https://guruberbagi.kemdikbud.go.id, masih ada beberapa program lain yang bisa Anda akses di https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id, di antaranya:
  • Televisi dan aplikasi daring. Sumber belajar untuk KBM di rumah dapat disaksikan melalui stasiun televisi yang ditunjuk langsung oleh Kemdikbud atau aplikasi gratis. Adapun program yang disiapkan bernama Rumah Belajar, Belajar dari Rumah, dan lain sebagainya. Media ini cukup ampuh untuk menyebarkan informasi karena dimiliki oleh nyaris semua guru maupun orangtua siswa;
  • Panduan serta surat edaran. Untuk memberikan edukasi dan perkembangan terkini seputar wabah Covid-19, Kemdikbud menyediakan panduan serta edaran pusat. Sebagai contoh, ada panduan untuk penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik yang sudah disesuaikan dengan situasi pandemi;
  • Kunjungan museum virtual. Tak hanya mengakses RPP daring, para guru, murid, maupun masyarakat bisa melakukan kunjungan daring ke museum. Beberapa objek wisata ternama yang ada dalam laman tersebut mencakup Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Nasional Borobudur, Museum Purbakala Sangiran, hingga Candi Prambanan;
  • Foto, video, dan informasi terkini. Terakhir, Kemdikbud mengunggah kumpulan informasi edukatif terkait Covid-19 melalui media seperti foto dan video. Kemudian, ada juga berita-berita terbaru yang berhubungan dengan KBM di tengah masa pandemi.
Dengan program-program mendidik dan akses pada RPP 1 lembar yang mudah dari Kemdikbud, dunia pendidikan di Indonesia diharapkan dapat terus berjalan. Langkah ini juga bisa membantu banyak pihak untuk kembali ke kegiatan sehari-hari.

Bagi rekan-rekan yang saat ini sedang mencari RPP 1 Lembar baik untuk Contoh maupun untuk digunakan langsung, silahkan download melalui tautan dibawah ini;

Perangkat Pembelajaran PAI SD K13 Lengkap

Atau mungkin juga rekan-rekan belum memiliki Aplikasi KKM Untuk SD / MI kurikulum 2013 maka silahkan Anda dapat mendownloadnya KLIK DISINI

Semoga dapat membantu rekan-rekan guru yang kesulitan dalam menyusun RPP 1 Lembar SD.

Demikian Informasi mengenai RPP 1 Lembar Lengkap SD, SMP dan SMA dari Kemdikbud yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel