Masalah dan Solusi Pada Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag

www,gurumaju.com – Seperti diketahu, Pemerintah Melalui Kemenag telah mengeluarkan sebuah aplikasi yang diberi nama SIBOS PINTAR. Setelah Aplikasi tersebut dirilis dan dilakukan Penginputan oleh Operator Madrasah, ternyata Aplikasi SIBOS PINTAR ini masih mengalami banyak kendala.

Dibawah ini Admin akan memberikan Penyelesaian setiap masalah yang sering dialami oleh rekan-rekan operator Madrasah pada Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag ini.

Berikut ini adalah Daftar Masalah dan Solusi SIBOS PINTAR yang sering dialami oleh Rekan-rekan Operator Madrasah antara lain:
1. Version Update Check - Never application version exist
Masalah dan Solusi Pada Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag
Masalah: Saat membuka aplikasi Sibos Pintar muncul kotak pesan "Version Update Check" dengan pesan "Never application version exist, you have to replace current app. Please download latest version installation in this link, and reinstalling." Artinya aplikasi yang digunakan merupakan versi lama dan meminta untuk diinstal versi aplikasi yang baru.
Solusi: Klik saja OK hingga browser membuka link untuk mengunduh aplikasi yang terbaru. Atau buka artikel Ayo Madrasah, Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag, yang menyediakan mirror download aplikasi versi terbaru. Saat menginstall versi terbaru, ada kalanya muncul perintah untuk menghapus terlebih dahulu aplikasi versi lama namun ada kalanya muncul jendela pesan yang berisikan pilihan "reinstall dan remove" pilih saja reinstall.

2. Version Update Check - Ada versi yang lebih baru
Untuk penjelasan masalah dan Solusi mengenai masalah ini, silahkan Anda lakukan seperti pada Solusi di Nomor 1.

3. Windows Installer - Another version of this product is already installed
Masalah & Solusi Sibos Pintar 02
Masalah: Saat akan menginstal aplikasi SIBOS PINTAR muncul jendela notifikasi "Windows Installer" dengan pesan "Another version of this product is already installed. Installation of this version cannot continue."
Solusi: Uninstall terlebih dahulu aplikasi yang ada baru melakukan install ulang.
Untuk menguninstall (menghapus) aplikasi SIBOS PINTAR caranya adalah:
  1. Klik menu "start"
  2. Klik "Control Panel"
  3. Klik "Program and Feature"
  4. Jika tidak ada, klik "Unistall Program"
  5. Cari program bernama "SetupSIBOSPINTAR", klik
  6. Klik "uninstall"
  7. Muncul jendela notifikasi, klik "Yes"
  8. Proses uninstall berlangsung, tunggu sampai selesai.

4. NET Framework Initialization Error - To run this
Masalah & Solusi Sibos Pintar 04
Masalah: Muncul kotak pesan "Sibospintar_Admin.exe, .NET Framework Initialization Error" dengan pesan "To run this application, you fist must install one of the following version of the .NET Framework: v4.0"

Solusi: Silakan unduh .NET Framework v40 DI SINI (48 MB) lalu lakukan instalasi. Setelah .NET Framework terpasang baru lakukan instalasi SIBOS PINTAR.
Jika versi .NET Framework masih tidak cocok, silakan cari dan unduh yang cocok di situs resminya, https://www.microsoft.com/net/download

5. Login not success - Kombinasi UserID and Password tidak ditemukan

Masalah: Saat login ke aplikasi Sibos Pintar muncul pesan kesalahan "Login not success" dengan pesan "Kombinasi UserID and Password tidak ditemukan". Artinya userID ataupun password yang digunakan untuk login salah
Solusi: cek lagi username (userID) dan password yang digunakan.
UserID dan password standar adalah:
  • UserID (username) : NSM masing-masing madrasah
  • Passwaord : User12345 (huruf "U" menggunakan huruf besar)
Jika masih tidak bisa, bisa jadi karena sebelumnya password sudah dirubah dan kita lupa atau memang ada kesalahan dalam sistem data. Silakan hubungi admin Kabupaten/Kota agar dilakukan pengecekan dan reset password.

6. Login not success - Unable to connect to the remote server
Masalah & Solusi Sibos Pintar 06
Masalah: Saat membuka aplikasi muncul pesan "Error on check app version" atau "Login not success" dengan pesan "Unable to connect to the remote server". Ini artinya komputer tidak terhubung dengan internet.
Solusi: pastikan komputer terhubung dengan internet dan koneksinya lancar.

7. Login not success - QuickExecute:Sibospintar_Admin:Object reference not set to an instance of an object
Masalah & Solusi Sibos Pintar 07
Maslah: Saat login atau telah berhasil login muncul jendela "Login not success" atau "Error" dengan pesan "QuickExecute:Sibospintar_Admin:Object reference not set to an instance of an object". Kasus Sibos Pintar ini berarti komputer tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau ada gangguan dengan jaringan internet.
Solusi: Pastikan koneksi internet lancar.

8. Error on exec - Failed on propose transaction no: 1
Masalah & Solusi Sibos Pintar 08
Masalah: saat menambahkan siswa atau lainnya, muncul jendela "Error on exec" atau "Error on" dengan pesan "Failed on propose transaction no: 1". Ini merupakan salah satu kasus yang paling sering terjadi. Hal ini disebabkan karena ada gangguan koneksi internet (tidak stabil) atau traffik sedang penuh (terlalu banyak yang mengakses Sibos Pintar).
Solusi: terhadap kendala Sibos Pintar Failed on propose transaction adalah pastikan koneksi internet lancar dan stabil serta melakukan percobaan berulang kali. Atau dapat juga dicoba untuk membuka aplikasi pada waktu jam-jam yang kemungkinan tidak banyak yang mengakses.

9. Gangguan Koneksi Internet - Koneksi internet terputus, coba lagi kah ?
Masalah & Solusi Sibos Pintar 09
Masalah: muncul jendela 'Gangguan Koneksi Internet" dengan pesan "Koneksi internet terputus, coba lagi kah ?". Seperti kasus sebelumnya ini merupakan kasus yang paling sering ditemui. Penyebabnya sama, karena ada gangguan koneksi internet (tidak stabil) atau traffik sedang penuh (terlalu banyak yang mengakses Sibos Pintar).
Solusi: klik saja tombol "Yes" berulang kali dan pastikan koneksi internet lancar dan stabil. Selain itu ada baiknya membuka aplikasi (melakukan pemutakhiran) saat jam-jam sepi (tidak banyak yang mengakses).

Demikian Informasi Mengenai Masalah dan Solusi Pada Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Masalah dan Solusi Pada Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag"

  1. Apa ada software untuk semstabilkan internet, tolong diuploud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin sendiri belum pernah menggunakan Software seperti itu pak,...

      Memang bapak pakai Internet apa?

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel