MENDIKBUD: PPDB Harus Prioritaskan Siswa Dekat dengan Sekolah

Gurumaju.com – Mendikbud Muhadjir Effendy menghimbau Sekolah-sekolah yang sedang melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB untuk memprioritaskan siswa yang berada diwilayah terdekatnya. Jangan sampai siswa yang radiusnya lebih dekat dengan sekolah harus terlempar jauh karena kalah bersaing dalam nilai ujian nasional (UN).
"Nilai UN jangan dijadikan sebagai syarat utama. Prioritaskan yang dekat supaya mereka tinggal jalan kaki saat ke sekolah," ujar Menteri Muhadjir dalam sosialisasi Permendikbud 14/2018 tentang PPDB di Jakarta.
PPDB Harus Prioritaskan Siswa Dekat dengan Sekolah
PPDB Harus Prioritaskan Siswa Dekat dengan Sekolah

Namun sayangnya imbauan Mendikbud Muhadjir Effendy ini tidak diindahkan oleh sekolah-sekolah. Faktanya, bahwa masih banyak sekolah-sekolah yang tetap mengutamakan syarat nilai UN ketika melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB ini.

Mengenai kasus ini, Menteri Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk mematuhi aturan Permendikbud Nomor: 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2018. Sistem zonasi memang telah dilaksanakan sejak tahun 2016, akan tetapi baru sebagian sekolah saja yang melaksanakan. Diharapkan pada tahun ini semua sekolah sudah dapat menerapkan sistem zonasi ini.
"Masyarakat dan Wali murid harus menghilangkan pemikiran mengenai sekolah favorit. Semua sekolah adalah sama. Hal ini agar sekolah favorit bersedia menerapkan zonasi. Kalau peminatnya banyak dan hanya bertumpu di beberapa sekolah saya, otomatis sekolah juga akan mengabaikan syarat radius," ucapnya.

Mengenai masalah ini tentunya Sekolah harus dapat menerapkan apa yang telah tertera dalam peraturan Menteri Pendidikan dalam Permendikbudn Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan peserta Didik Baru Tahun 2018. sehingga diharapakan tidak ada lagi sekolah yang difavoritkan oleh siswa walaupun itu jauh dari rumah, sedangkan yang lebih dekat dengan rumahnya justru tidak diterima karena kurangnya Syarat di nilai UN nya.

Demikian Informasi yang dapat Admin sampaikan mengenai PPDB Harus Prioritaskan Siswa Dekat dengan Sekolah. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Sumber: JPNN
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENDIKBUD: PPDB Harus Prioritaskan Siswa Dekat dengan Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel