JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!

JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!
Beberapa Pemyebab JJM di Info GTK tidak Linear dan Solusi nya
Gurumaju.com –  Pada Tahun 2017 ini rasanya Admin mendapat banyak sekali pengaduan dari rekan-rekan OPS Khususnya Operator Sekolah Dasar (SD) dimana banyak sekali rekan-rekan Operator yang mengalami kendala karena kebanyakan masalah dengan JJM Linear.

Untuk Mengatasi Masalah JJm Linear, terlebih dahulu kita mencari tau apa masalah yang dialami sehingga JJM Linear salah.  meskipun JJM pada Aplikasi Dapodik sudah benar 24, namun belum tentu benar pada JJM Linear pada Laman Info GTK. Untuk itu silahkan untuk melihatnya pada Laman Info GTK kemudian perhatikan bagian rincin Rombel. Pada rincian Rombel tersebut, akan ada keterangan dimana letak invalidnya. Sehingga dari keterangan invalid tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki datanya di aplikasi dapodik.

Berikut ini ialah Beberapa Penyebab JJM pada Laman Info GTK belum linier :

1. Jumlah JJM Wajib dan Wajib Tambahan dalam 1 rombel melebihi batas maksimal.
Solusi : Pastikan pengisian JJM di masing-masing rombel tidak melebihi batas maksimal. 

2. Dalam Pembagian Rombel Kurang dari 20 Siswa
Jika dalam 1 kelas terdapat 39 siswa, maka jangan Anda bagi menjadi 2 rombel, misal: 1A = 20 Siswa dan 1B = 19 Siswa, dengan kejadian tersebut maka dapat dipastikan untuk guru yang mengajar di kelas 1B JJM nya tidak akan diakui dalam laman Info GTK, karena kelas 1B tergolong dalam Rombel tidak Normal.
Solusi : Jika terjadi Kasus seperti Diatas, maka jangan sampai Anda membagi Rombel yang jika dibagi salah satu rombelnya kurang dari 20 Siswa. biarkan tetap dalam Satu Rombel (Rombel Gemuk)

Baca Juga:

3. Kode mapel bidang sertifikasi tidak sesuai dengan mapel yang diajar.
Kasus berikutnya adalah karena kode mapel yang berbeda dengan mapel yang diajar saat ini.
Sebagai contoh :
- Guru SD dengan Kode Mapel 061 Bidang Study Lainnya, saat ini mengajar guru kelas SD/MI (027) atau PJOK (220).
- Guru SMP dengan Kode Mapel 104 Kesenian, Budaya dan Keterampilan, saat ini mengajar Seni Budaya (217) atau Keterampilan (227).
- Guru SMP dengan Kode Mapel 124 Biologi, saat ini mengajar IPA Terpadu (097)
Dari perbedaan kode mapel itulah yang membuat JJMnya tidak linier. Untuk kasus ini sebaiknya dikonsultasikan kepada Operator SIM Tunjangan yang bertugas di Dinas Pendidikan Kab./Kota.

4. Tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan kepala laboratorium sudah expired.
Masa berlaku surat tugas sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan dan kepala laboratorium adalah 1 tahun. Jika di info GTK terdapat keterangan SK tugas tambahan tidak valid, itu artinya harus memperbarui surat tugas tersebut, kemudian di kolom tugas tambahan diperbarui sesuai surat tugas terbaru.

5. Di kolom Penugasan isian Keaktifan PTK belum dicentang
Pastikan keaktifan PTK dicentang sampai dengan bulan saat ini. Setelah semua data yang invalid diperbaiki dan sinkronisasi, selanjutnya menunggu dan memantau perkembangan INFO GTK. Berapa lama Info GTK akan berubah, bisa dilihat dari Info Proses Data di pojok kiri atas laman INFO GTK.


CARA CEK INFO GTK BACA DISINI




Perhatian:  Sebelum menutup Artikel "JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…
JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya! JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya! Reviewed by Guru Maju on 7:10 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.