Cek Info GTK Semester 2 Tahun 2019 / 2020

Gurumaju.comInfo GTK 2020 atau Cara Cek SKTP 2019/2020 atau Cara Cek Info GTK 2019/2020 Semester 1 dan juga Cara Cek Info GTK 2019/2020 Semester 2. Info GTK adalah sebuah situs resmi pemerintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan SKTP 2019/2020 Persemesternya disetiap tahun yang sedang berlalu.
Info GTK 2019/2020 atau Info Guru Untuk Cek SKTP Tahun 2020
Info GTK 2019/2020 atau Info Guru Untuk Cek SKTP Tahun 2020
Situs Info GTK 2019 / 2020 Semester 1 maupun Info GTK 2019/2020 Semester 2  ini sering dilakukan perubahan tentunya disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang terbaru dan biasanya permendikbud tersebut menggantikan Permendikbud yang sebelumnya.

Info GTK 2019/2020 atau Cara Cek Info Guru melalui laman Info GTK Tahun 2019/2020. Perlu diketahui, bahwa untuk melihat atau Cara Cek SKTP 2019/2020 saat ini dapat dilakukan secara mandiri karena memang pemerintah telah membuatkan sebuah situs yang khusus untuk melakukan Cek SKTP 2019/2020.

Dalam melakukan Cek SKTP 2019/2020 ini, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan secara mandiri oleh GTK, diantaranya adalah melalui situs Info GTK ini dan juga melalui laman akun SIM PKB. dari kedua opsi tersebut ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kelebihan dan Kekurangan dari Kedua situs tersebut diantaranya adalah:

Info GTK 2019/2020
Untuk penggunaan Laman Info GTK ini cocok bagi rekan-rekan yang ingin lebih cepat dan lebih mudah dalam melakukan cek SKTP Tahun 2020. Dengan Cara ini memang lebih praktis dan cepat, namun jika menggunakan Laman Info GTK ini Anda perlu mempersiapkan seperti NUPTK/NIK/NIP dan Tanggal Lahir. Jadi menurut Admin jika Anda tidak ingat NUPTK/NIK/NIP Anda maka cara ini kurang cocok, lebih cocok menggunakan Laman Akun SIM PKB Guru.

SIM PKB GURU
SIM PKB GURU adalah alternatif kedua untuk melakukan Cek SKTP Guru selain menggunakan Laman Info GTK. Cara Cek SKTP Guru dengan menggunakan Login Laman SIM PKB GURU ini sangat cocok bagi rekan-rekan yang tidak mau repot mengingat-ingant NUPTK/NIK/NIP atau bahkan jika lupa Tanggal Lahir ( hehe..)

DAPODIK Online
Selain kedua cara diatas, ada cara lebih mudah lagi yaitu menggunakan bantuan Operator sekolah dengan membuka Aplikasi Dapodik Online. Silahkan Lakukan Login menggunakan akun Dapodik seperti biasanya, kemudian pilih nama PTK dan klik Info GTK. 

Jika Rekan-rekan Guru malas melakukan Cek Info Guru untuk Cek SKTP Guru melalui Laman Info GTK, maka cara yang paling jitu dan paling enak adalah menggunakan Aplikasi Dapodik Online. tentunya jika menggunakan cara ini pasti akan meminta bantuan Operator untuk melakukan Cek Info Guru.

Info GTK 2020 Untuk Cek SKTP Guru

1. Cara Cek SKTP Melalui Laman Info GTK

Bagaimana cara Cek Info Guru atau Cara Cek SKTP Tahun 2019 – 2020  melalui Laman Info GTK, Berikut ini panduan Singkat cara melakukan Cek SKTP Guru melalui laman Info GTK 2020.
Dalam Melakukan Cek SKTP melalui Laman Info GTK 2020 ini terdapat 2 metode, metode yang pertama ialah menggunakan NUPTK/NIK dan tanggal lahir dan Metode yang kedua adalah menggunakan Akun PTK (akun PTK dibuat oleh Operator Sekolah melalui Aplikasi Dapodik, jadi jika Rekan-rekan Guru tidak mengentahui Akun PTK nya, maka silahkan tanyakan kepada Operator Sekolah).

Berikut ini Cara dua Cara melakukan Cek SKTP Melalui Laman Info GTK:
a. Info GTK Guru Menggunakan NUPTK/NIK dan Tanggal Lahir.
Untuk cara ini , silahkan persiapkan Data yang akan diinputkan untuk melakukan Cek SKTP melalui Laman Info GTK yaitu NUPTK/NIK (pilih salah satu) dan Tanggal Lahir yang bersangkutan.

b. Info GTK menggunakan Akun PTK
dalam metode ini, yang harus diperhatikan adalah Anda harus mengetahui Akun PTK Anda. untuk Akun PTK sendiri dibuat oleh Operator melalui Aplikasi Dapodik. Akun Tersebut Berupa User id dan Password.
Untuk rekan-rekan Guru yang belum mengetahui akun PTK (User dan Password PTK) silahkan untuk langsung menghubungi dan menanyakan kepada Operator Sekolah Anda yang mengurusi Aplikasi Dapodik.
Info GTK Guru
Info GTK

Untuk cara membuka Laman Info GTK dan melakukan Cek SKTP Guru adalah sebagai berikut:
1# Silahkan buka laman Info GTK 2020 [KLIK DISINI]

2# Setelah terbuka halaman Beranda dari Laman Info GTK, maka silahkan tentukan Pilihan dalam melakukan Cek SKTP, apakan akan menggunakan NUPTK/NIK dan Tanggal Lahir atau Cek SKTP Guru melalui Laman Info GTK menggunakan metode Login dengan Akun PTK. Silahkan pilih salah satu.
- Jika menggunakan Metode NUPTK/NIK dan Tanggal Lahir maka silahkan masukkan NUPTK (bagi yang punya, Jika tidak punya silahkan gunakan NIK) dan juga Tanggal Lahir yang telah disediakan.
- Pilih Semester, Info GTK Semester 1 atau Info GTK semester 2
- Kemudian Masukkan Capcha yang muncul
- Lalu Klik Tombol Login.

- Jika menggunakan metode menggunakan Akun PTK maka Silahkan klik tombol Akun PTK lalu masukkan Accoun PTK dari dapodik dan Password PTK dari Dapodik.
- Pilih Semester, Info GTK Semester 1 atau Info GTK semester 2
- Kemudian Masukkan Capcha yang muncul
- Lalu Klik Tombol Login.

Jika langkah diatas telah dilalui dengan benar maka Informasi Data Anda akan muncul, silahkan lakukan pengecekan Data yang ditampilkan pada Laman tersebut. Jika masih terdapat Data yang salah, maka silahkan benahi datanya melalui Aplikasi Dapodik Terbaru dan Lakukan Sinkron.

Catatan:
Jika di sekolah anda terdapat guru non induk menambah jam, maka pastikan proses memasukan data gurunya dengan metode tarik PTK.
Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Sekolah yang akan menarik login ke http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Masuk menu Tambah PTK
  3. Cari sekolah asal PTK dan nama PTK
  4. Tambahkan
  5. Hubungi dinas untuk persetujuan
  6. Buka aplikasi dapodik sekolah, dan sync
  7. Mapping pembelajaran
  8. syncron ulang
Bila di sekolah lama ada ptk bukan hasil tarik ptk yang dulu sudah ditambahkan, maka Mutasikan dulu, kemudian sync, baru lakukan langkah diatas

2. Cara Cek SKTP Melalui Akun SIM PKB Guru

Simpkb Guru

SIM PKB Guru adalah sebuah Aplikasi yang dikhususkan untuk para Pendidikan, baik untuk Guru, Kepala Sekolah, maupun Pengawas. dalam Aplikasi SIMPKB Guru ini diwajibkan para Guru memiliki Akun untuk nantinya melakukan Login pada Aplikasi tersebut. Biasanya Login yang digunakan khususnya untuk Email atau User adalah menggunakan Nomor UKG yang diberi tambahan @guruku.id.

Dengan Aplikasi SIMPKB Guru ini juga dapat digunakan untuk melakukan Cek SKTP Guru selain Menggunakan Laman Info Guru / Info GTK. jika melakukan Cek SKTP GUru menggunakan Akun SIMPKB Guru ini yang perlu dipersiapkan adalah Email dan Password untuk Login pada Aplikasi SIMPKB Guru.

Cara Login SIMPKB Guru untuk Cek SKTP Guru
1# Silahkan buka Laman SIMPKB [KLIK DISINI]
2# Silahkan Masukkan Email ( Nomor UKG) dan Password, Kemudian Klik Login.
Selengkapnya untuk cara Cek SKTP Guru melalui Laman SIMPKB Guru silahkan [BACA DISINI]

3. Cara Cek SKTP Melalui Data Dikdasmen

Dapodik Online

Cara pamungkas bagi Rekan-rekan guru yang tidak ada waktu atau malas untuk melakukan Cek Info Guru atau Cek SKTP Guru. GTK tidak perlu repot-repot melakukan login pada laman Info GTK maupun SIMPKB Guru, GTK tinggal meminta tolong Operator Sekolah untuk melakukan Cek SKTP Guru menggunakan Aplikasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Online.

Selengkapnya untuk Cara melakukan Cek SKTP Guru melalui Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Online dapat anda baca [DISINI].

Demikian Informasi mengenai Info GTK 2020 atau Info Guru untuk Cek SKTP 2020 yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Informasi RPP K13 Revisi 2018 Terbaru Langsung ke Email Anda! Silahkan masukan Email, Kemudian Buka Email dan Lakukan Konfirmasi..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel