PEMBERITAHUAN:
Perlu diketahui, bahwa Mendownload di situs Gurumaju.com ini sangatlah mudah Anda hanya perlu meng-Klik Tautan yang telah disediakan maka Anda akan langsung mendapatkan file yang diinginkan (tidak diputar-putar melalui Safelink terlebih dahulu).

Jadwal dan Syarat Tahapan Seleksi Melalui SNMPTN 2017 (LENGKAP)

Jadwal dan Syarat Tahapan Seleksi Melalui SBMPTN 2017 (LENGKAP)
Jadwal dan Syarat Tahapan Seleksi melalui SNMPTN 2017 (Lengkap)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.  Selamat Jumpa lagi dengan Admin melalui blog www.gurumaju.com, blog yang menyajikan berbagai informasi sekitar dunia pendidikan, membahas berbagai tutorial untuk guru, siswa, mahasiswa, maupun untuk siapapun yang memerlukannya seperti tutorial tentang office, blogging, dan lain sebagainya.

Bahkan blog ini menyajikan informasi tentang lowongan pekerjaan untuk Adik-adik yang mungkin baru lulus sekolah maupun kuliah. Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas "Jadwal dan Syarat Tahapan Seleksi Melalui SNMPTN 2017 (LENGKAP)". Semoga artikel yang Admin bagikan ini dapat memberi manfaat untuk semuanya.

Dalam Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip-prinsip yaitu: adil, akuntabel, tranparan, dan juga tidak ada diskriminatif artinya tidak membedakan jenis kelamin, agama, Ras, suku, sosial, maupun tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa baru. Bagi Siswa yang memiliki berprestasi dan juga konsisten menunjukkan prestasinya layak untuk mendapatkan kesempatan menjadi calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN.

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter. Oleh Karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar, serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses pendaftaran.
SNMPTN Tahun 2017

PERSYARATAN DAN JADWAL TAHAPAN SELEKSI SNMPTN 2017
Persyaratan Sekolah SNMPTN 2017
  • Sekolah yang siswanya dapat mengikuti SNMPTN adalah: SMA/SMK/MA atau sederajat  yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS secara lengkap dan benar.
 
Persyaratan Siswa Pendaftar SNMPTN 2017
A. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat kelas terakhir tahun 2017 yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Memiliki prestasi Tinggi yaitu calon peserta masuk dalam peringkat terbaik di sekolah, denngan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
- Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya
- Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya
- Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya
- Belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya
2. Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.
3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS,
4. Memiliki nilai rapor semester 1 -  5 (untuk siswa SMA/SMK/MA atau sederajat 3 tahun) atau nilai rapor semester 1 - 7 (bagi SMK 4 tahun) yang sudah diisikan pada PDSS.
5. Dan Memenuhi persyaratan lainnya yang ditentukan oleh masing-masing PTN (Lihat di laman PTN bersangkutan).
 
Penerimaan di PTN
Peserta diterima di PTN :
- Telah lulus dari satuan pendidikan
- Telah lulus SNMPTN 2017
- Telah lulus verifikasi data dan juga telah memenuhi persyaratan lain sesuai yang ditentukan oleh masing-masing PTN bersangkutan.
 
Tahapan Mengikuti SNMPTN
Tahapan mengikuti SNMPTN :
  1. Melakukan Pengisian dan Verifikasi PDSS
  2. Kepala Sekolah atau yang telah ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  3. Kepala Sekolah atau yang ditunjuk oleh kepala sekolah mendapatkan password yang akan digunakan untuk siswa dalam melakukan verifikasi.
  4. Siswa melakukan verikasi data nilai rapor yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  5. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data sepertiyang dijelaskan nomor 4. maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
 
Pemeringkatan Panitia Pusat melalui sistem membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
  • Untuk Jurusan IPA: MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, , Kimia dan Biologi.
  • Untuk Jurusan IPS: MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, , Sosiologi dan Geografi.
  • Untuk Jurusan Bahasa: MTK, Bahasa Indonesia, , Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • Untuk SMK: MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori dan Praktek Kejuruan).
 
Hasil Pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan oleh Panitia Pusat, siswa yang memenuhi syarat maka diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2017.

ARTIKEL LAINNYA:



Pendaftaran SNMPTN 2017
  1. Siswa  yang memenuhi kriteria pemeringkatan, silahkan melakukan pendaftaran dengan menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN: http://www.snmptn.ac.id 
  2. Siswa mengisi biodata, pilihan PTN, dan program studi yang dipilih, dan juga upload pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  3. Bagi pendaftar yang memilih Program studi bidang seni dan oleh raga diharuskan meng-unggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah dengan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Selesai melakukan tahapan diatas kemudian mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai bukti peserta SNMPTN.
  5. Untuk sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan dalam mengakses Internet, maka pendaftar dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.
  6. Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN bersangkutan bagi yang lulus seleksi pada Tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017).

Jadwal SNMPTN 2017
Pengisian PDSS : 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS : 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN : 21 Februari – 6 Maret 2017
Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN : 14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi : 15 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi : 26 April 2017
Selanjutnya, mereka akan diminta melakukan pendaftaran ulang.

Jadwal SNMPTN 2017
Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2017 adalah sebagai berikut:
Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SNMPTN 2017).

Laman Resmi dan Alamat Panitia Nasional
· Informasi resmi SNMPTN 2017 dapat diunduh melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
· Informasi resmi juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041 450 450.
· Informasi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
Alamat Panitia Pusat:
Gedung dr. Prakosa (Lt.2)
Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268
Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id


Lain-lain
· Bagi Siswa kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui : http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
· Informasi Resmi melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

------------------------------------------------------------------------------------
Sebelum Anda menutup Artikel "Jadwal dan Syarat Tahapan Seleksi Melalui SNMPTN 2017 (LENGKAP)" ini, Jika ada pertanyaan, saran, masukan silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika sobat merasa artikel diatas bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol share :) Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Jadwal dan Syarat Tahapan Seleksi Melalui SNMPTN 2017 (LENGKAP)"

  1. Informasi mengenai SNMPTN-nya cukup lengkap. Terimakasih banyak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel