Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2

Gurumaju.comPendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Sesuai dengan Surat dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dengan Nomor : 4018/B2/GT.03.15/2021 tertanggal 25 Agustus 2021.

Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2
Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2

Surat dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dengan Nomor 4018/B2/GT.03.15/2021 tertanggal 25 Agustus 2021 ini, ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang isinya adalah sebagai berikut.

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode ketujuh: Program Sekolah Penggerak (PSP), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan melaksanakan Rekrutmen Calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2. Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 akan dilaksanakan pada sasaran 250 Kabupaten/Kota (daftar kabupaten/kota wilayah sasaran sebagaimana Lampiran 1).

Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut:

1. Sasaran calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 sejumlah 7.500 orang pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SLB.

2. Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah No. 10517/C/DM.05.03/2021 mengenai hasil evaluasi dan koordinasi pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 maka ada 1 provinsi dan 10 Kabupaten/Kota yang tidak diikutsertakan pada Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 di jenjang tertentu (sebagaimana lampiran 2). Dengan demikian pada daerah daerah tersebut terdapat jenjang Satuan Pendidikan tertentu yang tidak dapat mendaftar pada Program Sekolah Penggerak Angkatan 2.

3. Proses rekrutmen dilakukan dalam beberapa tahap seleksi, yaitu:

● tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, serta esai,

● tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

Registrasi akan dibuka mulai tanggal 27 Agustus – 03 Oktober 2021.

4. Tim rekrutmen calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparansi, akuntabel, dan berkualitas.

5. Informasi proses rekrutmen calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 dapat dilihat pada Lampiran 3, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/.

Selanjutnya kami mohon Saudara bersama dengan Tim PSP Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada kepala sekolah di wilayah Saudara untuk mengikuti proses rekrutmen. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui Helpdesk tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/helpdeskPSP.


Adapun kriteria umum kepala sekolah yang dapat mengikuti Rekrutmen Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 adalah sebagai berikut:

1. memiliki sisa masa tugas sebagai kepala satuan pendidikan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali masa tugas. Satu kali masa tugas dimaksud adalah selama 4 (empat) tahun;

2. terdaftar dalam data pokok pendidikan;

3. melampirkan surat pernyataan yang menerangkan bahwa kepala satuan pendidikan yang bersangkutan benar bertugas pada satuan pendidikan dengan jangka waktu sisa masa tugas sebagai kepala satuan pendidikan;

a. dari dinas pendidikan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah; atau

b. dari yayasan/badan perkumpulan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

4. melampirkan surat keterangan sehat dari dokter puskesmas atau rumah sakit ditandatangani dokter dan diberikan cap puskesmas atau rumah sakit yang wajib dilengkapi setelah peserta seleksi yang bersangkutan telah dinyatakan lulus pada pengumuman seleksi tahap II;

5. tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang dan/atau berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan; dan

6. tidak sedang menjalani proses hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.


Dalam proses seleksi calon kepala sekolah penggerak, akan dilakukan penilaian terhadap kriteria khusus sebagai berikut:

  1. Memiliki visi, misi, dan tujuan;
  2. Mampu mengambil keputusan strategis;
  3. Mampu memimpin perubahan;
  4. Memiliki kemampuan melaksanakan pelatihan dan pembimbingan;
  5. Mampu membangun hubungan kerja sama;
  6. Memiliki orientasi pembelajar;
  7. Memiliki daya juang/resiliensi;
  8. Memiliki kematangan beretika;
  9. Mampu memimpin implementasi program sekolah; dan
  10. Mampu mendorong inovasi.

Selengkapnya mengenai Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 ini dapat Anda download melalui tautan dibawah ini;

Rekrutmen Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 [Download]

Demikian Informasi mengenai Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 yang dapat Admin sampaikan. Terima kasih telah berkunjun, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak Angkatan 2"