Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Soal UTS PAI Kelas 3 SD Semester 2 K13 Revisi

Gurumaju.com – Bagi seorang guru memberikan kisi-kisi soal UTS PAI kelas 3 SD semester 2 K13 revisi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Pasalnya siswa dapat lebih mudah untuk mempelajari materi yang akan dikeluarkan pada soal ujian nanti. Sedangkan kisi-kiis juga memudahkan guru untuk memetakan soal. 

Kisi-Kisi Soal UTS PAI Kelas 3 SD Semester 2 K13 Revisi
Kisi-Kisi Soal UTS PAI Kelas 3 SD Semester 2 K13 Revisi

Jika bertanya tentang bentuk, kisi-kisi lebih mirip seperti tabel yang berisikan tentang perincian materi, perilaku, serta keseimbangan yang diinginkan oleh setiap penilai. Sementara untuk tiap bab kotak yang ada akan berisikan jumlah pertanyaan serta skor yang dapat diperoleh siswa jika memang menjawab dengan benar.

Mengapa Kisi-Kisi UTS PAI Perlu Dibuat?

Jika sudah memahami terkait kisi-kisi soal UTS PAI kelas 3 SD semester 2 K13 revisi pasti sudah menemukan jawaban atas mengapa kisi-kisi harus dibuat. Ketika seorang guru membuat soal tanpa menggunakan acuan dari kisi-kisi maka produk soalnya tidak akan penting atau bahkan tidak bisa mencapai tujuan.

Kenapa bisa demikian?, jawabannya pembuatan soal tidak akan fokus pada tujuan serta harapan dari isi kurikulum yang diturunkan menjadi RPP, kemudian pada indikator soalnya. Apalagi, untuk menggaet soal dengan tingkatan HOTS dan LOTS yang bisa dikatakan lebih rumit daripada sebelumnya.

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa membuat kisi-kisi soal UTS PAI kelas 3 SD semester 2 K13 revisi haruslah dilakukan karena dapat menjadi pedoman dalam perakitan soal. Ibarat kata kisi-kisi bisa diasumsikan sebagai rasi bintang ataupun kompas, karena bisa menunjukkan jalan.

Pada dasarnya kompas tersebut akan memberikan arah yang lurus atau baik bagi penjelajah ataupun pendaki. Dari sini pasti sudah paham peranan penting kisi-kisi sebelum membuat soal ujian. Coba bayangkan jika soalnya saja tidak karuan modelnya, bagaimana siswa dapat memenuhi target pembelajaran?.

Apabila sudah demikian, yang rugi bukan hanya siswanya saja melainkan juga tenaga pendidik karena tanggungjawabnya tidak terselesaikan dengan baik. Tak kalah pentingnya penyusunan kisi-kisi soal UTS PAI kelas 3 SD semester 2 K13 revisi bisa menjadi bahan untuk melakukan evaluasi soal.

Baik yang belum dikerjakan oleh siswa, maupun yang sudah dikerjakan oleh siswa. Kalaupun dilakukan uji coba namun soal masih belum sesuai standartnya maka pihak tenaga pendidik wajib melakukan revisi. Dengan begitu guru pun akan lebih gampang saat melakukan intropeksi diri.

Pilihan revisi ini tidak dapat ditawar lagi, terlebih jika keadaan soal tidak mumpuni. Hal ini dilakukan dengan tujuan utama mengukur kemampuan siswa-siswi supaya dapat terlayani dengan baik. Jika tadi mengenal pentingnya menyusun kisi-kisi bagi tenaga pengajar, maka bagaimana dengan siswa.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kisi-kisi dibuat dengan ketentuan dari standart materi yang ada. Jadi bisa dipastikan dalam satu kisi-kisi mamuat beberapa materi terhadap soal-soal yang akan dikeluarkan pada UTS. Apalagi ditambah dengan adanya jumlah soal dan poin pada tabelnya.

Hal tersebut akan membuat siswa mudah dalam mempelajari materi apa saja yang sekiranya masuk dan mengerti bobot soal yang mereka kerjakan. Setidaknya jika memang ada yang sulit siswa bisa mengantisipasi untuk mengerjakan soal lain yang dapat menolong skor pada soal yang kemungkinan salah.

Selengkapnya mengenai kisi-kisi soal UTS PAI kelas 3 SD semester 2 K13 revisi yang ternyata berperan sangat penting bagi tenaga pengajar dan siswa. Untuk contoh kisi-kisinya bisa langsung klik link di bawah ini.

Kisi-kisi Soal UTS PAI kelas 3 Semester 2 [Download]

Demikian Informasi mengenai Kisi-Kisi Soal UTS PAI Kelas 3 SD Semester 2 k13 Revisi yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal UTS PAI Kelas 3 SD Semester 2 K13 Revisi"