Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada MAPEL MATEMATIKA SMP DAN SELAIN MATEMATIKA SMP

Gurumaju.com – Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP dan Mata Pelajaran Selain Matematika SMP dapat Anda download melalui tautan dibagian bawah artikel ini. Selain itu juga Saat ini Direktorat PSMP juga menerbitkan Buku Inspirasi Pembelajaran yang menguatkan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan Mata Pelajaran Selain Matematika SMP.

Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP dan Mata Pelajaran Selain Matematika SMP
Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP dan Selain Matematika SMP

Pada tahun 2021, Direktorat SMP menyusun sejumlah dokumen NSPK, diantaranya Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi dan Numerasi. Dengan dokumen ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi peserta didik melalui proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan kehidupan dengan menggunakan sintesis informasi yang diperolehnya.

Panduan penguatan numerasi ini dibuat dalam rangka memberikan inspirasi kepada guru matematika maupun nonmatematika di jenjang Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan aktivitas pembelajaran dengan penguatan atau unsur numerasinya. Panduan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 yang telah dikembangkan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Kemendikbud, 2020) atau buku lainnya, namun bertujuan sebagai suplemen untuk memberikan pedoman salah satu cara bagaimana penguatan numerasi dapat dilakukan.

Numerasi sering kali diartikan secara sempit sebagai keterampilan yang hanya melibatkan kecakapan dengan angka dan berhitung menggunakan kertas dan pensil atau mencongak sehingga penggunaan kalkulator dianggap sebagai bukti seseorang tidak memiliki numerasi. Namun, definisi “keterampilan dasar” dari
numerasi semacam ini sudah ketinggalan zaman di dunia abad ke- 21 yang kaya akan data dan teknologi (Goos, dkk., 2014).

Numerasi, disebut juga literasi numerasi dan literasi matematika, dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai ragam konteks kehidupan sehari-hari, misalnya, di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara (Kemendikbud, 2017). Selain itu, numerasi juga termasuk kemampuan untuk menganalisis dan menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan,dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan (Kemendikbud, 2017).

Berdasarkan definisi di atas, numerasi merupakan kunci bagi peserta didik untuk mengakses dan memahami dunia dan membekali peserta didik dengan kesadaran dan pemahaman tentang peran penting matematika di dunia modern. Penekanan pada aplikasi dari matematika yang berhubungan dengan kehidupan memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri untuk berpikir secara numerik, spasial, dan data untuk menafsirkan dan menganalisis secara kritis situasi sehari-hari dan untuk memecahkan masalah.

Lebih dari itu, di bagian awal Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP, dan Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Selain Matematika SMP ini juga diuraikan mengapa perlu penguatan pembelajaran numerasi di dalam AKM? Salah satu kompetensi hasil belajar peserta didik yang di ukur pada asesmen nasional mulai tahun 2021 adalah literasi membaca dan numerasi, yang disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Kemendikbud, 2020). Kompetensi mendasar numerasi yang diukur mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan matematika yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi kuantitatif dan spasial. Peserta didik akan diuji kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan dengan mereka sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

Selengkapnya mengenai Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP dan Mata Pelajaran Selain Matematika SMP dapat Anda download filenya melalui tautan yang ada di bawah ini;

Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP [Download]

Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Selain Matematika SMP [Download]

Baca Juga :

Buku Inspirasi Pembelajaran Yang Menguatkan Literasi Pada Mapel Bahasa Indonesia SMP dan Selain Bahasa Indonesia SMP [DISINI]

Demikian informasi mengenai Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP dan Mata Pelajaran Selain Matematika SMP yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada MAPEL MATEMATIKA SMP DAN SELAIN MATEMATIKA SMP"