Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemetaan KD PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Semester 1

Gurumaju.com – Pemetaan KD PAI kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021, Setiap pembelajaran baru dimulai para tenaga pengajar akan disibukkan dengan serangkaian kegiatan kesiswaan. Mulai dari menyusun agenda pembelajaran hingga melakukan pemetaan KD PAI kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2021. Semuanya dilakukan secara bertahap dan terstruktur supaya menghasilkan laporan yang apik.

Pemetaan KD PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Semester 1
Pemetaan KD PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Semester 1

Pada dasarnya kegiatan pemetaan ini memang dilakukan guna mendapatkan gambaran secara keseluruhan serta utuh dari semua standart kompetensi serta beberapa mata pelajaran yang dipadukan menjadi satu. Biasanya semua guru akan mendiskusikan hal ini dalam rapat yang dipimpin oleh wakasiswa.

Menyusun Pemetaan KD PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021

Betapa pentingnya untuk menyusun pemetaan KD PAI kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2021 serta mengembangkan silabus yang berkelanjutan. Adapun kegunaan pemetaan ini yakni menjadi alur pembelajaran untuk mencapai semua target pembelajaran yang sudah disepakati dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara untuk fungsi utamanya adalah mengetahui kemunculan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam pembelajaran. Mengapa harus diketahui? Jawabannya supaya dapat menjadi dasar untuk menilai kegiatan-kegiatan yang ada mulai dari awal semester hingga akhir semester.

Dilakukan hampir setiap semester membuat penyusunan pemetaan KD PAI kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2021 tidaklah sulit. Tenaga pengajar hanya perlu memetakan kemunculan KD di dalam buku guru. Ada 2 jenis pemetaan yang harus dibuat yakni pemetaan untuk keterampilan dan pemetaan untuk pengetahuan.

Sedangkan jika ingin melakukan pemetaan juga bisa menggunakan 2 metode. Cara pertama, yakni dengan mempelajari standart dari kompetensi serta kompetensi dasar yang ada dalam masing-masing mata pelajaran, kemudian dilanjutkan dengan melakukan identifikasi komptensi dasar di beberapa mata pelajaran yang disatukan.

Setelahnya barulah bisa dilakukan penetapan tema pemersatu. Untuk cara kedua pengajar haruslah melakukan penetapan terlebih dahulu terhadap tema-tema pengikat keterpaduan, baru dilanjutkan dengan mengidentifikasi KD atau Kompetensi Dasar dari sejumlah mata pelajaran yang sesuai dengan tema.

Dari kedua cara tersebut pemetaan KD PAI kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2021 masih ada kegiatan lain yang tidak boleh terlewatkan. Yakni menentukan tema untuk alat atau media pemersatu dari standart kompetensi pada mata pelajaran yang dipadukan.

Dalam penentuan tema dapat ditentukan oleh para tenaga pengajar sendiri atau bersama dengan siswa-siswinya. Sehingga untuk bisa menentukan tema ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. Diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Memulai dari yang paling mudah menuju ke yang paling sulit.

2. Ruang lingkup tema haruslah disesuaikan dengan umur serta perkembangan siswa, termasuk kebutuhan, kemampuan, dan minat dari siswa.

3. Dari yang paling konkret menuju abstrak.

4. Memperhatikan lingkungan yang paling dekat dengan siswa-siswi.

5. Tema yang dipilih haruslah memungkinkan adanya proses untuk berpikir pada siswa.

Penetapan ruang lingkup tema ini sebaiknya memang tidak terlalu luas atau sebaliknya. Tema yang terlalu luas akan dijabarkan lagi menjadi beberapa bagian yakni subtema atau anak tema dengan sifat yang lebih konkret. Kemudian subtema ini akan dikembangkan lagi menjadi satu material pelajaran.

Memang jika dipikir cukup panjang untuk membuatnya. Namun semua ini demi kemajuan siswa-siswi Indonesia agar menjadi lulusan yang cerdas, beretika, dan sukses di kemudian hari.

Itulah penjelasan mengenai pemetaan KD PAI kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2021. Berbicara tentang contoh, Anda dapat melihatnya lewat link yang sudah disediakan berikut ini.

Pemetaan KD PAI Kelas 4 Semester 1 [Download]

Baca Juga: 

Perangkat PAI SD K13 Revisi 2021 Lengkap

Demikian informasi mengenai Pemetaan KD PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Pemetaan KD PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Semester 1"