Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus PAI SD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Gurumaju.com – Silabus PAI SD kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 ini menjadi perangkat pembelajaran yang sangat penting bagi setiap pengajar atau guru. Sebab melalui perangkat pembelajaran inilah seorang guru bisa mengetahui materi apa saja yang akan dijabarkan dalam rencana perangkat pembelajaran yang lain seperti RPP.

Silabus PAI SD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
Silabus PAI SD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Dengan mempunyai silabus guru dapat dengan mudah menentukan serta merencanakan pelaksanaan pembelajaran. Bagaimanapun juga tanpa adanya silabus proses penyusunan RPP tidak akan berjalan dengan sempurna. Untuk itulah sebelum menyususn RPP silabus harus sudah diselesaikan lebih dulu.

Manfaat dan Prinsip Silabus PAI SD kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Dari penjelasan singkat diatas sudah bisa disimpulkan bahwa silabus PAI SD kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 mempunyai manfaat yang begitu besar bagi dunia pendidikan. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Memudahkan guru untuk merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang akan dicapai.

2. Memudahkan tenaga pengajar untuk memetakan ragam variasi dari pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.

3. Menjadi panduan untuk mambuat atau menyusun dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP.

4. Memudahkan guru untuk memetakan indikator-indikator pencapaian belajara yang harus dicapai oleh para siswa.

Pada pengembangan Silabus PAI SD kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 secara keseluruhan diserahkan kepada satuan pendidikan, terlebih bagi mereka yang sudah mampu untuk melakukannya. Maka dari itu setiap satuan pendidikan diberikan kebebasan serta keleluasan untuk mengembangkan silabus.

Prinsip Yang Harus Diperhatikan

Dengan catatan harus sesuai dengan keadaan serta kebutuhan masing-masing. supaya pengembangan dari silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan peraturannya yakni dalam bingkai kurikulum nasional maka ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan.

1. Relevan

Dalam Silabus PAI SD kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 harus ada cakupan, tingkat kesukaran, serta urutan penyajian pada silabus sesuai keterkaitan dengan beberapa komponen. Seperti emosional dan spiritual, intelektual, sosia, dan tingkat pengembangan fisik dari peserta didik.

2. Ilmiah

Semua materi serta aktifitas yang terdapat dalam silabus harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan secara ilmunya.

3. Memadai

Dalam silabus ada beberapa cakupan seperti indikator, materi pokok, sumber belajar, pengalaman beajar dan sistem penilaian cukup untuk menjadi penunjang dari pencapaian kompetensi dasar.

4. Konsisten

Silabus haruslah tetap memperlihatkan adanya hubungan yang bersifat konsisten yakni taat ases dan ajeg. Dengan hubungan antara kompetensi dasar, materi pokok, sumber belajar, sistem peniaian, dan pengalaman belajar.

5. Fleksibel

Semua komponen yang terdapat dalam silabus dapat mengakomodasi keragaman dari siswa-siswi serta dinamikan dari perubahan yang terjadi baik di linkungan sekolah mupun masyarakat.

6. Menyeluruh

Komponen yang ada di silabus haruslah mencakup keseluruhan dari ranah kompetensi, afektif, kognitif, dan psikomotorik

7. Aktual dan kontekstual

Pada cakupan indikator dan komponen-komponen lainnya haruslah memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan sbenarnya serta peristiwa-peristiwa yang terjadi.

8. Sistematis

Semua komponen yang dimiliki oleh sibalus haruslah saling berhubungan secara fungsional guna mencapai kompetensi.

Maka dari itu inilah link Silabus PAI SD kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 yang bisa Anda klik dan unduh filenya.

Silabus PAI SD Kelas 4 Semester 2 [Download]

Baja Juga :

Perangkat PAI SD K13 Revisi 2021 Lengkap  

Demikianlah penjelasan tentang silabus yang dapat menjadi informasi menarik bagi Anda tenaga pengajar atau guru. Mengingat mungkin saja masih ada kebingungan untuk menyusun silabus ini, Anda membutuhkan contoh yang konkret dan bisa dijadikan panduan. 

Posting Komentar untuk "Silabus PAI SD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013"