Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus PAI SD Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Gurumaju.com – Pendidikan sangat erat kaitannya dengan silabus. Lalu apa pengertian dari silabus itu sendiri?. Jadi silabus merupakan rencana pembeajara di suatu mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran dengan cakupan beberapa komponen. Lebih detailnya dapat dibaca di Download silabus PAI SD kelas 1 semester 2 kurikulum 2013.

Silabus PAI SD Kelas 1 Semester 2
Silabus PAI SD Kelas 1 Semester 2

Silabus sendiri menjadi seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan dari pembelajaran serta penilaian dengan susunan yang sistematis, dan mengandung banyak komponen sekaligus. Semua komponen yang ada di dalamnya juga mempunyai kaitan yang erat sehingga dapat dikatakan berhubungan satu sama lain.

Langkah-Langkah Mengembangkan Silabus PAI SD kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Untuk mengembangkan silabus PAI SD kelas  1 semester 2 kurikulum 2013 dibutuhkan beberapa langkah sekaligus. Adapun untuk rinciannya dapat Anda baca dan pahami sesuai penjelasan berikut ini.

  1. Mengkaji standart komptensi serta komptensi dasar dengan kajian SK serta KD dari mata pelajaran sebagaimana yang sudah ada dan tertuang dalam standart isinya.
  2. Melakukan indentifikasi terhadap materi pokok atau pembelajaran yang menunjang pencapaian KD.
  3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang telah dirancang untuk memberikan pengalaman belajar dengan melibatkan proses mental serta fisik untuk mencapai KD.
  4. Merumuskan bentuk indikator pencapaian komptensi. Karena indikator sendiri digunakan sebagai penanda dari pencapaian KD dan digunakan untuk menyusun peralatan penilaian.
  5. Menentukan jenis penilaian untuk pencapaian komptensi dasar siswa yang dilakukan berdasarkan indikator dengan memakai tes dalam metode tertulis.
  6. Penentuan alokasi waktu pada setiap KD yang berdasarkan jumlah minggu efektif serta alokasi waktu dari mata pelajaran per minggunya. Alokasi waktu ini adalah perkiraan dari waktu untuk menguasai KD yang diperukan oleh siswa beragam
  7. Menentukan sumber belajar. Pada silabus PAI SD kelas 1 semester 2 kurikulum 2013 ada ketentuan dalam menentukan sumber belajar yang berdasarkan pada KD, SK serta materi-materi pokok pembelajaran, kegiatan belajar serta indikator pencapaian kompetensi.

Disamping itu silabus PAI SD kelas 1 semester 2 kurikulum 2013 sangat bermanfaat sebagai panduan atau pedoman dari pengembangan perangkat pembelajaran untuk lebih lanjut yakni dimulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan beajar serta pengembangan penilaian.

Tidak hanya hal itu saja namun silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk mengembangkan pembelajaran lebih lanjut. Misalnya saja membuat rencana kegiatan belajar, mengelola kegiatan belajar dan mengembangkan sistem penilaian. Dalam artian silabus ini juga menjadi sumber pokok.

Tujuan Penyusunan Rencana Pembelajaran yang Baik

Dengan tujuan penyusunan rencana pembelajaran baik untuk standart kompetensi dan satu kompetensi dasar. Ada pula yang berpendapat bahwa silabus yang ada di dalam pendidikan sangat berguna untuk mengawasi kegiatan perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam jenis apapun.

Dengan demikian silabus mempunyai beberapa komponen di dalamnya yang nantinya isinya akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di bawah ini.

  1. Usaha yang wajib dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dipunyai oleh para peserta didik.
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan komptensi tersebut.
  3. Kompetensi yang akan ditanamkan pada peserta didik lewat kegiatan pembelajaran yang diakukan.

Itulah setidaknya penjelasan mengenai silabus PAI SD kelas 1 semester 2 kurikulum 2013. Berikut ini ada link yang akan membawa Anda untuk bisa mendownload contoh silabus PAI kelas 1 SD semester 2 kurikulum 2013. Silahkan klik tautan dibawah ini agar langsung dibawa ke file dokumennya.

Silabus PAI SD Kelas 1 Semester 2 [Download]

Baca Juga :

Perangkat PAI SD K13 Revisi 2021 Lengkap

Demikian Informasi mengenai Silabus PAI SD Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Silabus PAI SD Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013"