Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Lengkap Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD SD SMP SMA

Gurumaju.comMateri “Belajar dari Rumah” yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Mendikbud yang akan tayang di Televisi Republik Indonesia untuk semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD SD SMP dan SMA/SMK akan mulai tayang pada hari Senin, 13 April 2020.
Materi Lengkap Belajar dari Rumah di TVRI
Materi Lengkap Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD SD SMP SMA

Program tayangan ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19. Program Belajar dari Rumah di TVRI akan diisi dengan berbagai tayangan edukasi, seperti pembelajaran untuk jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Untuk sementara, program ini direncanakan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020.

Meskipun Kemendikbud sudah menjalin kerja sama dengan platform teknologi atau online learning milik swasta untuk memfasilitasi siswa belajar di rumah, Kemendikbud menyadari bahwa masih banyak sekolah di daerah yang tidak memiliki akses internet, kesulitan menggunakan platform teknologi, hingga keterbatasan dana untuk kuota internet atau pulsa.

Diharapkan, program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi. TVRI merupakan saluran gratis yang bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah, dan bisa dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua untuk membantu pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19.

Konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter. Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program Belajar dari Rumah, seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Mendikbud juga menuturkan, gotong rotong menjadi kunci dalam memfasilitasi anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan. Karena itu Kemendikbud terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal pembelajaran, seperti membuat konten edukatif, edutainment, atau platform teknologi, baik dengan mitra yang berada di Indonesia maupun mancanegara.

Dalam Program tanyang di TVRI, nantinya akan dibagi dalam beberapa sesi, yaitu sesi jam tanyang sesuai dengan jadwal yang telah dirilis oleh kemdikbud. Kalau belum memiliki jadwal, silahkan download jadwal dibawah ini:

Selengkapnya mengenai Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI untuk jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA yang di luncurkan oleh pemerintah dapat Anda download melalui tautan dibawah ini

Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI [Download]

Selengkapnya mengenai Materi yang akan tanyang dalam Acara TVRI, sebagai media Belajar dari Rumah oleh Kemdikbud untuk semua Jenjang Pendidikan, silahkan download melalui tautan dibawah ini;
Materi Belajar dari Rumah TVRI [Download]

Demikian Informasi mengenai Materi Pembelajaran melalui TV yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.