Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK Terbaru 2019/2020

Gurumaju.com – Akun PTK Dapodik sebenarnya sudah lama dibuat oleh Operator sekolah menggunakan Aplikasi Dapodik. Sekitaran setahun terakhir, Akun PTK ini memang harus dibuat oleh operator Dapodik untuk digunakan sebagai Login pribadi di berbagai situs pendataan pendidikan.
Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK Terbaru
Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK Terbaru

Akun PTK Dapodik ini adalah salah satu hal wajib yang harus dimiliki Setiap PTK, karena jika tidak memiliki akun PTK ini salah satu konsekuensinya adalah tidak akan dapat memperbaiki data GTK pada Aplikasi Dapodik. karena Akun operator tidak lagi dapat merubah data PTK. Jadi jika ingin merubah data GTK pada aplikasi Dapodik maka harus menggunakan Akun PTK masing-masing guru.

Fungsi Akun PTK Dapodik

Dari sekian banyak fungsi dan Manfaat Akun PTK ini, adalah 2 diantaranya menjadi sangat penting mengapa Akun PTK ini harus dibuat dan dimiliki oleh seorang Guru, berikut adalah Fungsi atau Manfaat dari  Akun PTK:

1. Untuk Login pada Aplikasi Dapodik
Seperti yang telah Admin jelaskan sebelumnya, bahwa dalam merubah data yang ada pada Aplikasi dapodik tidak lagi menggunakan akun Operator, perubahan data pada Aplikasi Dapodik hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Login akun PTK pada dapodik.

2. Untuk Login Info GTK
Satu lagi yang paling penting, khususnya bagi guru yang sudah Sertifikasi, yaitu untuk melakukan cek SKTP dengan melihat data pribadi dari sebuah laman yang telah disiapkan oleh pemerintah, yaitu INFO GTK.


Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ini, pada Login Info GTK hanya menggunakan satu cara yaitu, menggunakan Akun PTK, selain itu cara yang lain tidak bisa dilakukan. berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahwa untuk login Info GTK dapat menggunakan kombinasi Tanggal Lahir, namun untuk tahun ini cara tersebut tidak dapat lagi digunakan.

Cara Membuat Akun PTK Dapodik

Cara membuat Akun PTK ini sebenarnya sangat mudah sekali, jika Anda adalah seorang guru, maka silahkan meminta Akun PTK ini pada Operator Sekolah Anda, namun jika Operator sekolah anda baru sehingga belum tau cara membuat Akun PTK ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat Akun PTK pada Aplikasi Dapodik dibawah ini;

1. Silahkan Buka Aplikasi Dapodik sekolah Anda.
2. Lakukan Login menggunakan Akun Operator Sekolah.
3. Pada menu sebelah kiri pada layar Anda, silahkan klik GTK > Guru, maka akan muncul data Guru pada sebelah kanan.
Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK Terbaru

4.  Pilih salah satu Nama Guru yang akan dibuatkan Akun PTK nya, kemudian Klik tombol Penugasan.

5. Pada form Penugasan, silahkan klik menu Buat/Ubah Akun PTK, maka akan muncul Form untuk membuat atau mengubah Akun PTK.
Akun PTK Dapodik

6. Untuk membuat Akun PTK, silahkan isikan:
Userame : Isikan dengan Email Aktif Guru yang bersangkutan.
Password : Isikan dengan Kombinasi Kode rahasia yang (kode ini harus diingat)
Konfirmasi Password : Isikan Ulang Kombinasi Kode rahasia seperti pada Kolom Password.
Akun GTK

Setelah semuanya terisi maka langkah selanjutnya ialah klik tombol Simpan.

Lupa Password Akun PTK Dapodik

Ada kalanya Akun PTK yang telah dibuat tersebut mengalami lupa, khususnya pada bagian Password, karena sering kejadian kalau akun PTK, Guru juga tidak terlalu peduli. Semua diserahkan kepada Operator, jadi segitu banyaknya Akun PTK dalam sekolahan harus diingat semua oleh Operator.

Yang jadi masalah adalah ketika kita lupa pada Password yang telah dibuat tersebut, lalu bagaimana jika kita lupa Akun PTK Dapodik?, ada 2 langkah mudah untuk mengetahui Password Akun PTK yang Lupa;

1. Menggunakan Inspect Laman
Jika Lupa Password Akun PTK, silahkan ikuti Langkah seperti membuat Akun PTK diatas, kemudian pada Form Akun GTK, silahkan Klik kanan, Pilih Inspect (atau dengan pencet tombol kombinasi pada keyboard CTRL + SHIFT + I). Lihat gambar,
Lupa Akun PTK

Kemudian Cek dibagian Inspect Laman di sebelah kanan layar Anda. (perhatikan gambar)
Akun GTK Dapodik



2. Buat Password Baru
Cara lain ketika Anda lupa, adalah dengan membuat password baru pada akun PTK, caranya tinggal memasukkan lagi pada Password dan Konfirmasi Password, kemudian klik Simpan.

Demikian Informasi mengenai Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK Terbaru yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjun, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Informasi RPP K13 Revisi 2018 Terbaru Langsung ke Email Anda! Silahkan masukan Email, Kemudian Buka Email dan Lakukan Konfirmasi..

0 Response to "Akun PTK Dapodik Untuk Login Info GTK Terbaru 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel