Pedoman / Juknis O2SN SMA 2019 (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2019)

Gurumaju.comPedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tahun 2019, Juknis O2SN SMA Tahun ini sebagai panduan untuk Mengikuti Olimpiade Olahraga SIswa Nasional / O2SN Tahun 2019 Tingkat SMA.
Pedoman / Juknis O2SN SMA 2019
Pedoman / Juknis O2SN SMA 2019
Pembinaan peserta didik yang seutuhnya adalah pembinaan yang menumbuhkembangkan potensi kecerdasan peserta didik yang unik yang dilakukan melalui arena olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga. Untuk pembinaan olah raga, sejak tahun 2008, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA), secara konsisten menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

O2SN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi tumbuhnya bakat, minat, dan prestasi siswa di bidang olahraga. Sampai saat ini O2SN juga telah berkembang baik bahkan dapat mendukung pembinaan olah raga prestasi. Hal ini dibuktikan, misalnya, oleh para alumni O2SN yang berjaya di cabang Pencak Silat pada saat Asian Games tahun 2018 lalu. Sebuah bukti yang membanggakan atas koordinasi dan sinergi yang baik antara program pembinaan olah raga pendidikan dan olah raga prestasi.

Beberapa raihan prestasi para juara 02SN di tingkat Internasional:
  • Kejuraan International de La Province de Liege 2018, di Belgia, Tim Karate Pelajar SMA Indonesia berhasil meraih 4 medali emas dan 1 Medali Perak dan 2 medali Perunggu
  • Kejuaraan International De La Province de Liege di Belgia 2017, tim Karate Pelajar Indonesia meraih 2 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu
  • Kejuaraan Coupe International de Kaye 2016 di Luxemburg, tim atlet pelajar Indonesia meraih 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu
  • Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, tim pencak silat menjadi tamu kehormatan dari Kerajaan Arab Saudi pada Desember 2018.

Kini, di tahun 2019, perhelatan O2SN XII akan kembali diselenggarakan di kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Agar seluruh proses kompetisi olahraga tingkat nasional ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka Direktorat PSMA menyusun pedoman pelaksanaan O2SN 2019. Pedoman Penyelenggaraan Olimpiade Siswa Nasional (O2SN) XII tahun 2019 menjadi referensi bagi peserta didik, guru, pemerintah daerah, dan seluruh pemangku kepentingan untuk mengikuti kegiatan O2SN XII ini dengan sebaik-baiknya.

Tujuan O2SN 2019

Tujuan penyelenggaraan O2SN XII Tingkat Nasional ini adalah untuk:
  1. Meningkatkan pemahaman dan wawasan dan pengetahuan keolahragaan dan kesehatan jasmani peserta didik SMA/MA;
  2. Menumbuhkan sikap dan perilaku hidup sehat peserta didik SMA/MA melalui kecintaan terhadap aktivitas olahraga;
  3. Menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik SMA/MA di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
  4. Memacu peningkatan mutu pendidikan jasmani dan kesehatan pada jenjang pendidikan menengah;
  5. Meningkatkan kreativitas peserta didik SMA/MA dalam bidang olahraga;
  6. Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda Indonesia;
  7. Memberikan kesempatan kepada peserta didik SMA/ MA untuk mengenali dan memahami keragaman budaya, menjalin persahabatan, menumbuhkan sikap cinta tanah air dan bangga menjadi generasi bangsa.
  8. Menumbuhkan motivasi peserta didik SMA/MA untuk menguasai dan meraih prestasi di bidang olahraga;
  9. Menjaring peserta didik unggul SMA/MA dalam bidang olahraga untuk diikutsertakan dalam kompetisi olahraga tingkat internasional;
  10. Menumbuhkembangkan jaringan persahabatan antar siswa/i di luar kompetisi.

Persyaratan peserta O2SN 2019

Persyaratan umum peserta O2SN adalah:
  1. Peserta siswa SMA/MA sederajat yang duduk di kelas X dan atau XI pada tahun pelajaran 2018/2019,
  2. Usia peserta batas akhir kelahiran pada tahun 2001,
  3. Peserta menyerahkan foto copy Surat Tanda Kelulusan (STKL) SMP (legalisir), foto copy raport (legalisir), foto copy kartu pelajar/OSIS, pas foto, dan foto copy akte kelahiran / Surat keterangan lahir (legalisir). Kepada Panitia pada saat Registrasi,
  4. Peserta wajib menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter,
  5. Pada saat menjadi siswa SMA/MA, peserta belum pernah menjuarai di kejuaraan Internasional resmi,
  6. Peserta tidak berasal dari sekolah binaan Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP), Pusat Pembinaan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) dan SMA Sekolah Khusus Olahraga di seluruh Indonesia,
  7. Peserta belum pernah meraih medali Emas, Perak dan Perunggu dalam event O2SN-SMA/MA tingkat nasional
  8. Peserta O2SN tidak sedang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas),
  9. Setiap Official/Pendamping Cabang Olahraga (Cabor) wajib menandatangani Surat Pernyataan yang diberikan oleh Panitia Pusat yang menyatakan bahwa atlet yang dibawa ke O2SN XII 2019 sudah memenuhi kriteria yang dimaksud. Apabila atlet yang ikut pertandingan tersebut ternyata tidak memenuhi persyaratan diatas, Panitia Pusat berhak tidak mengikutkan semua atlet di cabor tersebut untuk bertanding,
  10. Tingkat Kabupaten/Kota adalah peserta juara pertama yang diusulkan oleh Kepala Sekolah dengan melampirkan surat keterangan (SK) dari Kepala Sekolah.
  11. Tingkat Provinsi adalah peserta juara pertama hasil seleksi tingkat Kabupaten/Kota dengan melampirkan Surat Keterangan (SK) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.
  12. Tingkat Nasional adalah peserta juara pertama hasil seleksi tingkat provinsi dengan melampirkan SK dari Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing.
  13. Seluruh peserta wajib menjaga dan menjujung tinggi sportivitas dan fairplay;
  14. Memenuhi persyaratan Peserta sebagaimana diatur dalam ketentuan khusus masing-masing cabor.
Apabila tidak sesuai dengan persyaratan di atas, maka kepada peserta yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) XII tahun 2019.

Jadwal Pelaksanaan O2SN 2019

Jadwal pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2019 sebagai berikut :

No
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan
1.
Tingkat Sekolah
25 s.d 31 Maret 2019
Ditentukan sekolah
2.
Tingkat Kab/Kota
21 s.d 28 April  2019
Ibukota Kab/Kota
3.
Tingkat Provinsi
17 s.d 23 Juli 2019
Ibukota Provinsi
4.
Tingkat Nasional
25 s.d 31 Agustus 2019
Provinsi Aceh

Untuk Selengkapnya mengenai Pedoman / Juknis O2SN SMA 2019 (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2019), silahkan download File lengkapnya melalui tautan dibawah ini:

Pedoman O2SN Tahun 2019 [Download]

Demikian Informasi mengenai Pedoman / Juknis O2SN SMA 2019 (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2019) yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Informasi RPP K13 Revisi 2018 Terbaru Langsung ke Email Anda! Silahkan masukan Email, Kemudian Buka Email dan Lakukan Konfirmasi..

0 Response to "Pedoman / Juknis O2SN SMA 2019 (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2019)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Bukti Akreditasi Lengkap

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel