PEMBERITAHUAN:
Perlu diketahui, bahwa Mendownload di situs Gurumaju.com ini sangatlah mudah Anda hanya perlu meng-Klik Tautan yang telah disediakan maka Anda akan langsung mendapatkan file yang diinginkan (tidak diputar-putar melalui Safelink terlebih dahulu).

CARA PENGGUNAAN APLIKASI MONEV SIMPKB PADA PELATIHAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2018

Tata Cara Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013
Tata Cara Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan Pelatihan Kurikulum 2013
Gurumaju.com –  Petunjuk Cara Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2018, Tata cara penggunaan Aplikasi Monev SIMPKB 2018. Menjelang tahun ketiga dalam mengimplementasikan Penggunaan Kurikulum 2013 atau K-13 pada tahun pelajaran 2018/2019 nanti. dan tentunya semakin banyak sekolah-sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 ini. Aplikasi SIMPKB Guru juga sesuatu hal yang baru pada tahun 2018 ini dan kita ketahui bahwa Pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 telah terintegrasi dengan Aplikasi SIMPKB Guru.

Diantara kewajiban para IK Salah satunya adalahk menyampaikan laporan pelaksanaan diklat dan Pendampingan K13 melalui SIMPKB. Jadi bahwa Aplikasi Monev SIMPKB adalah Aplikasi Yang digunakan untuk melakukan pelaporan Pelaksanaan Pelatihan Kurikulum 2013.

A. Pengantar

Pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013 tahun 2018 akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Guna untuk memonitoring pelatihan tersebut di seluruh wilayah Indonesia, GTK akan menggunakan aplikasi pada ponsel berbasis android, yang bernama monev simpkb.

Pelaksanaan monitoring dilakukan oleh fasilitator yang mengajar di kelas pelatihan masing-masing, dengan cara mengupload foto kegiatan di kelas setiap hari selama pelatihan berlangsung. Pada foto yang diupload oleh fasilitator akan terekam oleh server GTK. Dari foto yang terupload tersebut terdapat data di mana foto diambil, hari dan jam berapa foto tersebut diambil.

Hal yang perlu diperhatikan:
  1. Akun yang dibagikan ke masing-masing peserta penyegaran IK hanya dapat dipergunakan pada aplikasi monev di android saat yang bersangkutan telah diset bertugas di kelas.
  2. Peserta penyegaran IK yang telah mendapatkan akun pada saat pelatihan, berarti namanya sudah dientry pada sistem SIM PKB untuk K13, yang nantinya akan dipilih oleh sekolah inti sebagai penyelenggara pelatihan K13 (sekolah inti hanya dapat memilih nama yang ada pada aplikasi, apabila ada kelebihan fasilitator, maka secara otomatis ada fasilitator yang tidak mendapatkan tugas mengajar)
  3. Pada web simpkb.id status Bapak/Ibu sebelum ditugaskan di kelas adalah kandidat Instruktur Diklat K 13, setelah ada penugasan, kata “kandidat” akan dihilangkan.


B. Langkah-Langkah Penggunaan Aplikasi Monev SIMPKB

Silahkan Anda buka ponsel android, pastikan dahulu bahwa ponsel Anda telah terkoneksi dengan internet.
Kemudian silahkan buka Aplikasi playstore,
Aplikasi Monev SIMPKB
Tampilan Icon Playstore


Lalu ketikkan di Pencarian dengan kata kunci “monev simpkb

Aplikasi Monev SIMPKB
Pencarian di Playstore

Setelah itu silahkan Klik "INSTAL"
Aplikasi Monev SIMPKB
Tampilan Aplikasi Monev SIMPKB di Playstore

Setelah dipilih install akan muncul seperti gambar berikut, lalu pilih terima, maka proses download akan berlangsung
Aplikasi Monev SIMPKB
Instal Aplikasi Monev SIMPKB

Setelah download selesai, maka akan muncul tampilan seperti berikut, pilih buka
Aplikasi Monev SIMPKB
Aplikasi Monev SIMPKB telah terinstal
Aplikasi akan berjalan, dan diminta untuk memasukkan email dan password. (akun yang telah dibagikan dapat digunakan untuk log in di aplikasi monev di HP android, tetapi masih belum ada kelas, karena belum ada penunjukan/penugasan, kelas akan muncul setelah bapak/ibu telah ditugaskan oleh sekolah inti / penyelenggara pelatihan)

NOTE. Perlu diketahui, bahwa tutorial diatas menggunakan Laptop dengan menggunakan Aplikasi NOX. sehingga jika Anda langsung menggunakan Androit mungkin tampilannya sedikit berbeda dengan gambar yang ada di tutorial diatas. namun pada dasarnya untuk langkah-langkahnya tetap sama seperti diatas.

C. Cara (Petunjuk) Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2018.

Aplikasi Monev SIMPKB
Tampilan Login pada Aplikasi Monev SIMPKB
Jika telah selesai tentunya langkah selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan pelaporan menggunakan Aplikasi Monev SIMPKB. Untuk mengetahui bagaimana Cara melakukan LOGIN dan cara menggunakan Aplikasi seperti cara melihat penugasan, Cara membuat kelas, cara melaporkan foto kegiatan, dan lainnya silahkan download petunjuk selangkapnya dengan mengunduh file dibawah ini.

Berikut ini adalah Link Download Tata Cara Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2018.

DOWNLOAD

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul Tata Cara Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2018. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "CARA PENGGUNAAN APLIKASI MONEV SIMPKB PADA PELATIHAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2018ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, Salam Sukses Pendidikan…
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA PENGGUNAAN APLIKASI MONEV SIMPKB PADA PELATIHAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel