Cara Mengatasi NIK dalam Info GTK tidak Valid Dengan Data BKN


Cara Mengatasi NIK dalam Info GTK tidak Valid Dengan Data BKN
Gurumaju.com - Beberapa hari ini setalah keluarnya SKTP, banyak yang menanyakan beberapa permasalahan yang dialami dalam info GTK salah satu diataranya ialah tentang adanya perbedaan pada NIK (Nomor Induk Kependudukan) dimana biasanya terdapat tanda warning pada laman Info GTK. Hal tersebut terjadi karena data yang terdapat pada Aplikasi Dapodik dengan data yang terdapat pada Database BKN tidak sama/tidak valid.

Sehingga dengan demikian yang muncul pada laman Info GTK ialah tanda warning bukannya tanda ceklis. Pada kesematan ini admin ingin sedikit menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut jika Anda adalah salah satu yang mengalami seperti kejadian yang Admin ungkapkan diatas.

Untuk menghadapi permasalahan tentang perbedaan NIK yang terdapat pada laman Info GTK tersebut maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit gambaran mengenai permasalahan tersebut.
Kalau menurut Admin hal tersebut terjadi karena ada beberapa Kemungkinan, diantaranya ialah:
  1. Nomor NIK salah Ketik pada Aplikasi Dapodik
  2. Nomor NIK salah input saat pengisian di Aplikasi PUPNS Online pada tahun 2015 yang lalu.
Setelah Rekan-rekan mengetahui beberapa kemungkinan yang terjadi sampai-sampai masalah perbedaan NIK pada Laman Info GTK tidak valid atau terdapat tanda seru maka selanjutnya ialah bagaimana cara menyelesaikan masalah-masalah tersebut sesuai dengan kemungkinan yang telah Admin utarakan diatas. Silahkan Anda simak beberapa kata yang akan Admin jelaskan dibawah ini semoga sedikit membuka wawasan dan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pembetulan terhadap kelasahan NIK tersebut diatas.

Langkah –langkah yang harus kita Ambil jika mengalami kesalahan /perbedaan pada NIK ialah:
1. Jika NIK salah Ketik pada Aplikasi Dapodik
Penyelesaian:
Silahkan Anda buka Aplikasi Dapodik sekolah Anda, kemudian buka pada PTK yang bermasalah tersebut, silahkan lihat apakah Nomor NIK yang terdapat pada data PTK tersebut telah sesuai dengan KTP guru yang bersangkutan? Jika belum sesuai silahkan Anda rubah data NIK tersebut sesuai dengan yang tertera di KTP maupun Kartu Keluarga (KK).


2. Jika NIK salah input saat pengisian di Aplikasi PUPNS Online pada tahun 2015 yang lalu.
Penyelesaian:
Jika pada Aplikasi Dapodik tidak Anda temukan kesalahan dalam penginputan, maka ada kemungkinan kesalahan terjadi pada database BKN. Kenapa pada Database BKN terjadi kesalahan pada NIK Anda??? Tentunya Rekan-rekan masih ingat betul bahwa pada tahun 2015 yang lalu kita telah mengisikan data PUPNS Online dimana tujuan dari Aplikasi PUPNS tersebut adalah untuk memuktahirkan data yang terdapat dalam database BKN.

Nah, kemungkinan kesalahan tersebut ialah saat Anda mengisikan NIK guru pada aplikasi PUPNS tersebut. Kemudian untuk penyelesaiannya ialah silahkan Anda menghubungi BKD terdekat untuk berkonsultasi masalah tersebut.

Setelah Anda Cek NIP dengan Menggunakan Aplikasi Baru BKN, kemudian Silahkan Lakukan Perbaikan secara mandiri melalui Aplikasi Berbasis Android yang telah dikeluarkan oleh BKN. Selaman Mencoba.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Rekan-rekan yang mungkin sedang mengalami permasalahan NIK tersebut.


Perhatian:  Sebelum menutup Artikel "Cara Mengatasi NIK dalam Info GTK tidak Valid Dengan Data BKN" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengatasi NIK dalam Info GTK tidak Valid Dengan Data BKN"

  1. klau saya bukan masalah di nik tapi masalahnya nama yang berbeda yang sebenarnya onggo prastowo tapi di bkn onggo prastono...
    untuk memperbaikinya gimana ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara mudahnya ya silahkan bapak langsung saja datang ke BKD terdekat di daerah Anda dengan membawa berkas Otentik dan meminta pihak BKD untuk memperbaiki data. Anda.

      Namun jika ingin melakukan cara mandiri dengan menggunakan HP Android silahkan tunggun Update Gurumaju.com besok.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel