Download Silabus, Jadwal dan Panduan Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2017

Download Silabus, Jadwal dan Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2017
Download Silabus, Jadwal dan Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2017

Gurumaju.com – OSN (Olimpiade Sains Nasional ialah kegiatan lomba dalam bidang Matematika, IPA dan IPS yang diselenggarakan guna penuntasan wajib belajar yang bermutu. untuk tujuan Olimpiade Sains Nasional itu sendiri ialah untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfer kompetiti yang sehat dan mendorong sekolah untuk berperan dalam menfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademiknya yaitu dalam bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan juga Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan diadakannya Olimpiade ini diharapakan untuk dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan sehingga dapat menghasilkan bibit-bibit unggul dayang mampu berkompetisi pada olimpiade tingkat Internasional.

Kegiataan Olimpiade Sains Nasional atau OSN  ini mulai dilaksanakan ialah sejak tahun 2003 yang lalu. Pada periode 2003 sampai dengan 2009 tersebut bidang ilmu yang dilombakan terdiri dari 3 bidang yaitu : Matematika, Biologi, dan Fisika. Kemudian Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga sejak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang yang dilombakan. Dan pada tahun 2015 bidang Biologi dan Fisika digabungkan menjadi satu bidang yaitu bidang IPA dan itu sampai saat sekarang ini.

Dan Kegiatan OSN ini tidak hanya omong kosong saja, itu dibuktikan dengan adanya Beberapa prestasi yang telah diraih. yaitu peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan  keberhasilan  siswa  meraih  medali  pada  ajang  International  Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan pada bidang Matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan OSN supaya terlaksana secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai rujukan bagi panitia pelaksana kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN dapat terselenggara secara baik.

Berikut Persyaratan untuk Peserta OSN SMP Tahun 2017
Kegiatan OSN SMP/ MTS tahun 2017 ini terbuka  untuk siswa SMP/MTs negeri maupun swasta, atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1.  Bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun sebelumnya.
2.  Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat , kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba.
3. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
4.   Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
5. Berkelakuan  baik  dan  tidak  terlibat  penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
6. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
7.   Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba

Untuk Tahapan Pelaksanaan Lomba OSN SMP tahun 2017 ialah
Terdapat 4 tahap dalam pelaksanaan lomba, yaitu:
1.    Tahap I   : Seleksi / Lomba tingkat sekolah
2.    Tahap II  : Lomba tingkat kabupaten/kota
3.    Tahap III : Lomba tingkat provinsi
4.    Tahap  IV : Lomba tingkat nasional
Untuk Jadwal Pelaksanaan OSN SMP tahun 2017, sebagai berikut:
1. Seleksi / Lomba tingkat sekolah Februari 2017 ditentukan Sekolah
2. Lomba tingkat kabupaten/ kota Maret 2017 ditentukan oleh Dinas  pendidikan
3. Lomba tingkat provinsi Mei 2017 ditentukan oleh Dinas  pendidikan provinsi dengan berkoordinasi dengan direktorat Pembinaan SMP
4. Lomba tingkat nasional 02 – 08 Juli 2017 di Pekan Baru, Provinsi Riau

Untuk panduan Pelaksanaan OSN SMP tahun 2017 (Klik Disini)
SILABUS OSN SMP 2017
Dan Lingkup materi silabus OSN SMP MTS tahun 2017 meliputi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi yang sesuai kebutuhan OSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus OSN Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk  menyusun soal OSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi.

Download Panduan Pelaksanaan OSN SMP tahun 2017 (Klik Disini)
Download SILABUS OSN SMP tahun 2017 (Klik Disini)

----------------------------------------------------------------------------------
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Download Silabus, Jadwal dan Panduan pelaksanaan OSN SMP Tahun 2017" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika Anda merasa artikel diatas bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol share :) dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Download Silabus, Jadwal dan Panduan Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2017 Download Silabus, Jadwal dan Panduan Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2017 Reviewed by Guru Maju on 9:45 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.