Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise

Gurumaju.com – Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise atau Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise untuk memanajemen penyaluran PIP dengan alamat https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/. Aplikasi ini berupa Dashboard Monitoring untuk menampilkan data penerima bantuan PIP, yang digunakan oleh Sekolah.
Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise
Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise

Buku  Petunjuk penggunaan aplikasi SIPINTAR Enterprise ini dibuat agar user dapat menginstal dan mengoperasikan aplikasi Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sehingga maksud dan tujuan dari sistem ini tercapai.

Petunjuk penggunaan aplikasi (user manual) ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan panduan bagi user dalam menjalankan Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise secara maksimal kepada user. Dengan dapat dioperasikanya aplikasi ini, diharapkan informasi dapat lebih cepat sampai kepada tujuan.

Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise

1. Pendahuluan
Berisi informasi umum yang meliputi tujuan pembuatan dokumen, deskripsi umum sistem, dan deskripsi dokumen.

2. Kebutuhan Sumber Daya
Berisikan informasi perangkat yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise, meliputi perangkat lunak dan perangkat keras.

3. Mengoperasikan Aplikasi
Berisikan informasi yang menjelaskan langkah-langkah pengoperasian aplikasi oleh user sesuai batasan akses yang diperoleh.

Login Aplikasi SIPINTAR Enterprise

Berikut adalah prosedur untuk memulai akses terhadap aplikasi SIPINTAR ENTERPRISE, diantara lain:
  1. Buka sistem aplikasi SIPINTAR ENTERPRISE melalui web browser (Google Chrome, Firefox, Opera atau lainnya) dengan alamat url sebagai berikut: https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/
  2. Kemudian tekan Enter pada tombol keyboard atau klik tombol Go pada browser, maka akan tampil halaman login seperti berikut:
    Sipintar Enterprise Login
    Sipintar Enterprise Login
  3. Masukan Username dan Password lalu pilih role sebagai Sekolah.
    Catatan: Username : NISN Sekolah Anda, Password : Kode Registrasi Sekolah 

  4. Klik tombol LOGIN, apabila ingin login pada halaman SIPINTAR Enterprise, atau klik tombol LOGIN SSO DAPODIK apabila ingin login pada halaman Dapodik, maka tampil halaman awal seperti berikut:
  5. Untuk Manajemen Data Penerima PIP, silahkan Klik Menu Siswa di sebelah kanan layar monitor Anda maka Akan muncul tampilan sebagai berikut;

  6. Langkah pengoperasian pada Manajemen Siswa;

Tahun

Pilih Tahun dari dropdown lis yang tersedia;

Tahap

Pilih Tahap berdasarkan tahun yang dipilih sebelumnya.

Status Pencarian

Pilih Status Pencarian dari dropdown lis yang tersedia.

  • Selanjunya Silahkan Klik tombol SEARCH untuk menampilkan hasil. 
  • Klik tombol DOWNLOAD untuk mengunduh data.
  • Klik icon + untuk menampilkan data detail.

Selengkapnya mengenai Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise atau  Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise atau Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise untuk memanajemen penyaluran PIP dengan alamat https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/, dapat Anda download melalui tautan dibawah ini;

Panduan SIPINTAR Enterprise [Download]

Demikian Informasi mengenai Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise untuk mengelola data Penerima PIP yang dapat Admin bagikan. Terima Kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR Enterprise"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel