Pedoman / Juknis FIKSI 2019 (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia)

Gurumaju.comDownload Pedoman Fiksi Tahun 2019, Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan SIswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2019 ini sebagai panduan untuk Mengikuti Lomba FIKSI Tahun 2019 Tingkat SMA.
Pedoman / Juknis FIKSI 2019
Pedoman / Juknis FIKSI 2019
Generasi muda selalu menjadi tumpuan harapan keberlanjutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat, karena di tangan merekalah masa depan dirancang dan ditentukan. Di era kini, generasi yang tengah tumbuh berkembang adalah mereka yang termasuk ke dalam angkatan post millennial. Berbeda dengan generasi sebelumnya, para post millennial ini dikenal sebagai orangorang yang ingin aktif berperan untuk melakukan perubahan, dan terus berupaya untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Karakter yang seperti inilah yang menyebabkan generasi muda selalu tertantang untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada di sekitarnya.

Pendidikan Kewirausahaan merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas generasi muda. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA memfasilitasi para siswa SMA/MA yang mempunyai minat dan bakat berwirausaha dan memulai usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui kegiatan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). Fasilitas yang diberikan dalam FIKSI meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan sosial, penyusunan rencana wirausaha (business plan), serta keberlanjutan usaha.


Tujuan FIKSI 2019

  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan sosial kepada siswa;
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha sosialnya;
  3. Mengaktivasi empati, membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada siswa;
  4. Menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan;
  5. Membentuk jejaring yang dapat mendukung kegiatan wirausaha sosial, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya;
  6. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan sosial di tingkat SMA/MA;
  7. Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausahawan sosial muda kreatif kepada masyarakat.

Persyaratan / Kriteria Lomba FIKSI 2019

1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).
2. Siswa SMA/MA kelas X, XI dan/atau XII, negeri ataupun swasta (yang dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/KTM) dan surat pengantar atau surat tugas dari sekolah pada saat tahap final), baik perorangan ataupun kelompok, dengan maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.
3. Rencana usaha (business plan) merupakan Usaha Rintisan (pemula atau lanjutan); yang merupakan gagasan sendiri (original) dan/atau pengembangan dari ide yang sudah ada yang dikelola sendiri.
4. Finalis tidak boleh digantikan oleh siswa lain.
5. Peserta FIKSI 2019 yang melakukan penyusunan Rencana usaha secara berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.
6. Setiap peserta/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul Rencana Usaha pada 1 (satu) bidang lomba.
7. Siswa yang pernah menjadi pemenang pada FIKSI 2016-2018 tidak diperkenankan mendaftar sebagai peserta FIKSI 2019.
8. Rencana Usaha (produk dan jasa) belum pernah menang (menjadi kategori pemenang) atau mendapatkan penghargaan di FIKSI 2016-2018 maupun lomba di bidang/kategori sejenis di tingkat nasional atau lebih tinggi (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).
9. Keaslian karya dan isi/konten produk/jasa merupakan produk inovasi siswa dan tidak sedang dalam sengketa atau klaim dari pihak lain. (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan)
10. Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika:
a. Diragukan Hak Atas Kekayaan Intelektual,
b. Sedang dalam sengketa,
c. Mendapatkan klaim dari pihak lain,
d. Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2019
11. Keputusan Panitia FIKSI 2019 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat http://olimpiade.psma.kemdikbud.go.id/olimpiade/fiksi/

Untuk Selengkapnya mengenai Pedoman / Juknis FIKSI 2019 (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia), silahkan download File lengkapnya melalui tautan dibawah ini:

Pedoman FIKSI Tahun 2019 [Download]

Demikian Informasi mengenai Pedoman / Juknis FIKSI 2019 (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Informasi RPP K13 Revisi 2018 Terbaru Langsung ke Email Anda! Silahkan masukan Email, Kemudian Buka Email dan Lakukan Konfirmasi..

0 Response to "Pedoman / Juknis FIKSI 2019 (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Bukti Akreditasi Lengkap

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel