Hari Perempuan Sedunia 2019 diperingati setiap tanggal 8 Maret

Gurumaju.com – Peringatan Hari Perempuan Sedunia 2019 atau Hari Perempuan Internasional atau dalam bahasa inggrisnya International Women's Day yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, dan pada tahun ini tepatnya pada hari Jum’at, 8 Maret 2019 kita memperingati Hari Perempuan Sedunia dimana seluruh dunia juga memperingati hari ini.
Hari Perempuan Sedunia 2019
Hari Perempuan Sedunia 2019 diperingati setiap tanggal 8 Maret

Sejarah Hari Perempuan Sedunia, pada 1917 dua juta tentara Rusia terbunuh dalam perang yang mengakibatkan perempuan Rusia turun kejalan pada hari minggu terakhir di bulan Februari menyerukan “Roti dan Perdamaian”. Para pemimpin politik menentang unjuk rasa tersebut, tetapi aksi tersebut tetap dilakukan agar Czar (raja) di Rusia saat itu turun tahta dan pemerintahan sementara mengakui hak perempuan untuk ikut serta dalam pemilu.
Hari bersejarah itu jatuh pada tanggal 23 Februari di Kalender Julian yang digunakan di Rusia atau tanggal 8 Maret menurut kalender Gregorian atau kalender masehi.

Hari Wanita Sedunia sebelumnya sempat menghilang, namun dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an, perayaan ini dirayakan kembali sampai akhirnya pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Wanita Sedunia sebagai perayaan Internasional yang ditujukan untuk seluruh wanita di dunia.

Dikutip dari wikipedia, bahwa:
Sebuah cerita yang beredar di lingkaran internal para Prancis, bahwa ada seorang perempuan dari buruh pabrik tekstil melakukan demonstrasi pada 8 Maret 1857 di New York. Demonstrasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melawan penindasan dan gaji buruh yang rendah, tetapi demonstrasi tersebut dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian. Pada tanggal 8 Maret 1907, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun yang lalu.

Temma Kaplan berpendapat, "peristiwa tersebut tidak pernah terjadi, tetapi banyak orang Eropa yang percaya bahwa tanggal 8 Maret 1907 merupakan awal dari terbentuknya Hari Perempuan Internasional."

Dalam kesempatan ini, Admin Gurumaju.com juga mengucapkan Selamat hari Perempuan Sedunia 2019 kepada Orang tua kita, seluruh perempuan yang ada didunia ini, khsusnya untuk rekan-rekan guru Perempuan yang selalu berjuang untuk mendidik para calon generasi pemimpin bangsa Indonesia tercinta ini.

Demikian informasi mengenai Hari Perempuan Sedunia 2019 diperingati setiap tanggal 8 Maret yang dapat Admin bagikan. terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Informasi RPP K13 Revisi 2018 Terbaru Langsung ke Email Anda!

0 Response to "Hari Perempuan Sedunia 2019 diperingati setiap tanggal 8 Maret"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel