Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2019 / 2020

Gurumaju.com – Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2019/2020, atau Info SBMPTN 2019 / 2020 ini Admin informasikan untuk Adik-adik yang sebentar lagi akan lulus sekolah dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui Jalur SBMPTN 2019/2020.
Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2019 / 2020
Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2019 / 2020
Jadwal Pendataran SBMPTN 2019/2020 ini tentu menjadi informasi yang paling ditunggu-tunggu oleh Adik-adik yang ingin menggunakan Jalur SBMPTN 2019 ini untuk dapat berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri sesuai yang di inginkannya.

Tidak seperti tahun lalu, bahwa informasi sementara pelaksanaan SBMPTN 2019 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun seblumnya. Untuk informasi lebih Lanjut silahkan simak informasinya DISINI.

SBMPTN 2019 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Info SBMPTN 2019  ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 201 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Latar Belakang SBMPTN 2019

Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2019 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018  dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018  dan 2019. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Sampai Artikel ini ditulis, menurut pantauan Admin Gurumaju.com belum ada Informasi mengenai Jadwal SBMPTN 2019 ataupun Info SBMPTN 2019 seperti yang Admin lihat di Situs resminya.

Demikian Informasi mengenai Jadwal SBMPTN 2019 / 2020 yang dapat Admin bagikan. Terus Pantau Gurumaju.com untuk mengikuti Perkembangan Informasinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2019 / 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel