Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FORMASI CPNS Tahun 2018, Lihat Daftar Lengkapnya !

GURUMAJU.COM – Penetapan Kebutuhan Formasi CPNS Tahun 2018, atau Formasi CPNS 2018 akan ditetapkan pada Hari Kamis Tanggal 6 September 2018. hal ini diketahuk setelah beredarnya surat undangan mengenai Rapat untuk melakukan Penetapan Formasi CPNS 2018.
Kebutuhan atau FORMASI CPNS Tahun 2018
Kebutuhan atau FORMASI CPNS Tahun 2018 

Kabar Gembira inilah tentunya yang dinanti nanti oleh banyak masyarakat Indonesia yang selama ini selalu sabar menunggu Pengumuman Penerimaan CPNS 2018 yang pada kenyataannya selalu di undur-undur. Namun kali ini adalah kabar gembira yang datang, karena pada Tanggal 6 September 2018 akan diadakan Penetapan Kebutuhan atau FORMASI CPNS 2018 yang tentunya informasi ini adalah salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para calon pelamar CPNS 2018.

Dari hasil rapat tersebut telah ditetapkan secara umum Rincian Formasi CPNS Tahun 2018, untuk selengkapnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Pemerintah akan melaksanakan Pengadaan CPNS Tahun 2018. Fokus perencanaan dan rekrutmennya diarahkan untuk meningkatkan daya saing bangsa, dengan prioritas pada bidang pelayanan dasar yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. “Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini adalah untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis yang saat ini masih kurang, antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, pada acara Rapat Koordinasi Penyampaian Rincian Penetapan Kebutuhan Formasi PNS dan Persiapan Pengadaan CPNS Tahun 2018 di Komplek Bidakara, Jakarta, Kamis (06/09).

BACA JUGA: Cara melakukan Pendaftaran CPNS 2018 yang resmi

Dikatakan bahwa, prioritas perencanaan pengadaan CPNS pada jabatan-jabatan tersebut disesuaikan dengan program pembangunan Pemerintahan Kabinet Kerja dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla.

Di sisi yang lain, pengadaan CPNS tahun ini bersamaan dengan perubahan yang bergulir begitu cepat di era industri 4.0 yang bercirikan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik. “Karena itu, untuk menghadapi tantangan dan mengantisipasi perubahan tersebut, kita harus mempersiapkan SDM Aparatur berkelas dunia yang berintegritas, memiliki nasionalisme, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), ramah dan melayani (hospitality), serta memiliki daya jejaring yang kuat (networking),” ucap Syafruddin.

Saat ini jumlah PNS sekitar 4,3 juta, dengan proporsi terbesar selain guru dan tenaga kesehatan adalah tenaga pelaksana/administratif sebesar 1,6 juta atau sekitar 38% dan tenaga teknis keahlian sebesar 372 ribu atau sekitar 8,6%. Komposisi PNS yang tidak seimbang tersebut akan menyulitkan dalam menghadapi tantangan ke depan. “Menyikapi hal tersebut serta dihadapkan pada tantangan era industri 4.0, kita memerlukan spesialisasi keahlian.

BACA JUGA: Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018

Untuk itu pula, perencanaan dan usulan PNS baru, harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional dan daerah, serta sasaran Nawacita, sehingga daya saing bangsa kita semakin meningkat di kancah internasional,” sambungnya. Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari : Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

BACA JUGA: Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari : Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Admin Pastikan bahwa Berita ini bukan hoax karena sumbernya langsung dari Kemenpan RB Republik Indonesia. Silahkan Simak Video dibawah ini.


Demikian info tentang Penetapan Formasi CPNS 2018, Semoga Rekan-rekan semua selalu setiap dan sabar menunggu informasi tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "FORMASI CPNS Tahun 2018, Lihat Daftar Lengkapnya !"