Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode”

Sertifikat Hasil Ujian Nasional  atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode”
Sertifikat Hasil Ujian Nasional  atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode”
Gurumaju.com –  Sertifikat Hasil Ujian Nasional 2018 atau SHUN 2018 menjadi sesuatu yang berbeda pada tahun ini, karena  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengganti nama dimana nama sebelumnya adalah Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional. perlu diketahui selain penggantian Nama menjadi Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau SHUN Sekolah ternyata SHUN ini juga tidak lagi membutuhkan cap tanda tangan basah. SHUN mulai tahun ini akan menggunakan Sistem Digital Signature atau yang sering dikenal dengan sistem “Barcode”.

Digital Signature atau “Barcode” pada Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau SHUN Sekolah tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi atau mengecek keaslian sebuah SHUN tersebut dimana datanya sudah terdata dalam sistem yang dimiliki oleh Kemendikbud. Setiap 'barcode' dapat dipindai di laman milik Kemendikbud di http://shun.puspendik.kemdikbud.go.id.

Perubahan dari tanda tangan menjadi sistem “barcode” ini dibuat adalah untuk meminimalisir pemalsuan hasil UN. Sistem kode batang atau “barcode” masih dianggap sulit untuk dimanipulasi karena terekam dalam sistem terpusat yang dapat dilacak dan dicek oleh siapapun.

Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau SHUN dapat dilihat juga secara online menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Dalam SHUN, pada bagian tengah ke bawah sertifikat terdapat daftar mata pelajaran yang diujikan dan hasil UN yang diperoleh siswa.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyampaikan meski tidak lagi membutuhkan tanda tangan basah. Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau SHUN Sekolah dengan sistem 'barcode' telah dianggap sah untuk dicetak dan digunakan mendaftar kerja atau perguruan tinggi.

Yang melegakan lagi bahwa jika ada insiden Kehilangan Sertifikat ini maka dapat diperoleh dan dicetak kembali salinannya melalui sistem Kemendikbud. Selain hasil UN, sertifikat ini juga akan mencantumkan metode pelaksanaan UN yakni berbasis komputer atau kertas dan pensil.Informasi terbaru menyebutkan bahwa mulai tahun ini Siswa bisa cetak hasil UN Sertifikat Hasil Ujian Nasional SHUN Sendiri.

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul Sertifikat Hasil Ujian Nasional  atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode”. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Sumber: Kemdikbud

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Sertifikat Hasil Ujian Nasional  atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode”.” ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, Salam Sukses Pendidikan…
Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode” Sertifikat Hasil Ujian Nasional  atau SHUN Akan Menggunakan “Barcode” Reviewed by Guru Maju on 8:07 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.