PEMBERITAHUAN:
Perlu diketahui, bahwa Mendownload di situs Gurumaju.com ini sangatlah mudah Anda hanya perlu meng-Klik Tautan yang telah disediakan maka Anda akan langsung mendapatkan file yang diinginkan (tidak diputar-putar melalui Safelink terlebih dahulu).

Hasil UN 2018 Menjadi Dasar untuk Peningkatan Kualitas Guru dan Sarana Prasarana

Hasil UN 2018 Menjadi Dasar untuk Peningkatan Kualitas Guru dan Sarana Prasarana
Hasil UN 2018 Menjadi Dasar untuk Peningkatan Kualitas Guru dan Sarana Prasarana
Gurumaju.com –  Hasil UN 2018 akan menjadi dasar untuk peningkatan kualitas Guru dan juga untuk Sarana dan Prasarana sekolah. hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud) Totok Suprayitno. Menurutnya Hasil Ujian Nasional atau UN tahun 2017/2018 ini atau UN 2018 akan menjadi dasar dalam penambahan kualitas bobot pembelajaran dan edukasi di indonesia. 

"Hasil UN ini ialah diagnosis yang nantinya masing-masing wilayah dapat memahami apa yang menjadi kelemahannya dan tahapan apa yang perlu dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil diagnosis tersebut," kata Totok.

Pada peluang yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad mengatakan, analisis dari tiap-tiap sekolah menjadi pemetaan untuk Kemendikbud untuk menambah layanan pendidikan. "Yang lebih urgen bukan masalah pemeringkatan hasil UN, tetapi bagaimana supaya dinas memahami kualitas sekolah di daerahnya dan proaktif dalam membetulkan mutu sekolah," ujar Hamid saat menjawab pertanyaan wartawan yang menyebut ketiadaan pemeringkatan hasil UN antarsekolah di tahun ini.

Hamid pulang menegaskan bahwa setiap sekolah mempunyai karakteristrik yang pelbagai dan tidak dapat dibandingkan satu dengan yang lain. Berangkat dari hasil UN tersebut, Kemendikbud akan konsentrasi pada solusi penambahan mutu edukasi di sekolah-sekolah. "Kita mesti dorong guru-guru kita supaya banyak tercebur dalam menyusun software soal dan merakit soal berbentuk penalaran agar bisa berlomba dengan negara lain, selain tersebut juga sekolah di bawah standar anda perbaiki tergolong guru dan sarprasnya," katanya.

Senada dengan Hamid, Totok menyatakan bahwa pemetaan yang bersumber dari hasil UN merangkum tiap sekolah, tiap mata latihan (mapel), serta penguasaan tiap topik atau pelajaran pembelajaran. "UN bukan pertandingan, tetapi sarana guna memotret mutu edukasi dan menggali solusi atas segala kekurangannya di antara solusinya ialah dengan mengedepankan penguasaan konsep, bukan men-drill ujiannya serta pelatihan untuk guru-guru yang pendekatannya dicocokkan dengan hasil pemetaan UN," katanya.

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul Hasil UN 2018 Menjadi Dasar untuk Peningkatan Kualitas Guru dan Sarana Prasarana. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Sumber: Mendikbud

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Hasil UN 2018 Menjadi Dasar untuk Peningkatan Kualitas Guru dan Sarana Prasaranaini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, Salam Sukses Pendidikan…
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hasil UN 2018 Menjadi Dasar untuk Peningkatan Kualitas Guru dan Sarana Prasarana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel