Mekanisme UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)

Mekanisme UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)
Mekanisme UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)
Gurumaju.com –  Mekanisme Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Mekanisme UNBK SMP Tahun 2018, Mungkin untuk Siswa dan Siswi masih ada yang bingun bagaimana mekanisme Ujian Nasional Berbasis Komputer atau sering disebut UNBK, untuk menjawabnya silahkan simak uraian dibawah ini penjelasan mengenai Mekanisme atau tatacara UNBK.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bukan ujian yang seluruhnya memakai sistem daring (online). UNBK ialah Sebuah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan memakai komputer sebagai media ujiannya, dan memadukan sistem daring dan luring (offline).

"Jadi UNBK ini tidak seluruhnya online. Dibutuhkan sistem online saat sinkronisasi dengan server pusat, namun saat siswa menggarap ujian, mereka dilayani server lokal, tanpa internet," kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Moch Abduh di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Pada 1 atau 2 hari sebelum dilakukannya UNBK, proktor di sekolah mengerjakan sinkronisasi ke server pusat. "Tujuannya ialah untuk mengunduh soal ujian dari server pusat ke server server lokal di sekolah," ujar Moch Abduh.

Mekanisme UNBK

Untuk menjamin keamanan dari kebocoran, soal-soal yang didownload ini tidak dapat serta merta dibuka. Soal-soal hanya dapat dibuka ketika pelaksanaan UNBK, saat siswa mengisikan username, sandi, dan token. "Token ini diantarkan sepuluh menit sebelum pengamalan ujian. Kita kirim lewat sistem, dan pun dalam format SMS blast," tambah Kepala Puspendik.

Dan saat pelaksanaan ujian dimulai, tidak dibutuhkan koneksi internet. Ketika siswa menggarap ujian, komputer yang dipakai siswa dilayani oleh komputer lokal di sekolah. Siswa tidak perlu khawatir, andai listrik mati jawaban mereka masih tersimpan di komputer server lokal.

Setelah sesi Ujian selesai dilaksanakan, proktor akan mengantarkan jawaban murid ke server pusat. Untuk mengantarkan jawaban ke server pusat, dibutuhkan koneksi internet.

Kelancaran dalam Pelaksanaan UNBK di sekolah, salah satunya ialah ditunjang oleh proktor dan teknisi. Proktor bertugas mengemban urutan-urutan proses UNBK, mulai dari mendownload soal, merilis token, hingga mengunggah jawaban siswa. Teknisi bertugas memastikan komputer dan jaringan komputer berlangsung baik.

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul Inilah Mekanisme Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Mekanisme Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, Salam Sukses Pendidikan…
Mekanisme UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Mekanisme UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Reviewed by Guru Maju on 2:23 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.