USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARAN

USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARAN
USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARAN
Gurumaju.com –  USBN 2018, Berlaku untuk SD (Sekolah Dasar) dengan delapan mata delapan mata pelajaran yang akan diujikan. karena seperti yang kita ketahui bahwa selama ini siswa kelas 6 sd mengikuti Ujian Sekolah atau US. namun akan berbeda dengan wacana yang bergulir bahwa mulai tahun 2018 Ujian Sekolah atau US akan diganti menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Menjadi hal yang baru lagi, dan ini adalah kebijakan baru lagi di dunia pendidikan bagaimana Ujian Sekolah yang biasa siswa siswi kelas 6 SD lakukan kini akan berganti menjadi USBN yang 25 persen dari jumlah Soal akan dibuat oleh Pemerintah.

Padahal perlu diketahui bahwa dengan ada wacana USBN SD ini sebenarnya telah bertentangan dengan Pendidikan Karakter yang selama ini di gaungkan oleh Presiden Kita Republik Indonesia Joko Widodo. Untuk penjelasan mengenai kenapa USBN SD ini bertentangan dengan Pendidikan Karakter, Anda dapat membaca Postingan Admin DISINI.

Pada Tahun 2017 Kemarin, US di jenjang SD atau MI terdiri dari tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Sedangkan dengan adanya kebijakan baru ini, maka Siswa siswi SD akan mengerjakan sebanyak delapan Mata Pelajaran. Dan 8 Mata Pelajaran yang diujikan tersebut ialah Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PKN, seni budaya dan prakarya (SBdP), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), dan juga Agama. Khusus untuk siswa yang belajar berbasis Kurikulum 2006, pelajaran seni budaya dan prakarya namanya adalah seni budaya dan keterampilan (SBK).

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan dengan status USBN, maka ada 25 persen butir soal ujian titipan dari Balitbang Kemendikbud. Sisanya sebanyak 75 butir soal dibuat oleh guru. Ia berharap masyarakat tidak khawatir atau takut. Selama proses belajar mengajar berjalan dengan tuntas, siswa pasti siap menghadapi USBN.
"USBN di jenjang SD juga bermanfaat bagi guru," kata Bambang (23/12/17).

Menurut Bambang selama ini ada guru yang mengajarnya sesuai dengan ketuntasan masing-masing. Nah, dengan adanya USBN ini diharapkan Guru-guru SD dalam mengajar dapat mengacu pada ketuntasan kurikulum nasional. Sedangkan yang Terkait dengan kisi-kisi ujian akhir SD tahun 2018, Ia mengatakan belum keluar.

Baca Juga : USBN Bertentangan dengan Pendidikan Karakter

Sebenarnya untuk yang Tiga Mata Pelajaran sudah ada, Namun karena ada tambahan lima pelajaran, peluncuran kisi-kisi USBN SD tahun 2018 masih membutuhkan waktu lagi. Saat ini masih dalam proses penyelesaian. Nantinya kisi-kisi USBN SD akan dikeluarkan bersamaan untuk seluruh jenjang pendidikan. BSNP berharap kisi-kisi tersebut dapat terbit akhir Desember 2017 atau awal Januari 2018.

Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pembuatan butir soal USBN 2018 untuk jenjang SD/MI masih dalam proses. Ia berharap untuk orangtua senantiasa memotivasi anaknya supaya rajin belajar setiap saat. Belajar tidak hanya untuk ujian tetapi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan pintar.

Demikian informasi mengenai USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARAN, semoga bermanfaat..

Sumber : JPNN

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARANini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…
USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARAN USBN 2018 DI SD AKAN UJIKAN 8 MATA PELAJARAN Reviewed by Guru Maju on 5:49 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.