Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemdikbud Adakan Pameran Arsip Lahirnya Pancasila Mulai 2 - 15 Juni 2017

 Pameran Arsip Lahirnya Pancasila
 Pameran Arsip Lahirnya Pancasila
Gurumaju.com –  Kemdikbud Melalui Dirjen kebudayaan bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan juga perpustakaan Nasional ( Perpusnas) akan menyelenggarakan pameran arsip Nasional yang bertajuk Lahirnya Pancasila.

Pameran tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila tersebut yang akan diselenggarakan di Museum Nasional, dengan alamat di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12 Jakarta dan akan dimulai pada tanggal 2 sampai dengan 15 Juni 2017 mendatang.

“Melalui pameran ini, kami ingin memperlihatkan bagaimana proses lahirnya Pancasila melalui fakta-fakta sejarah yang terkumpul, sehingga dapat memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat. Dengan akses pameran ini, menjadi hubungan langsung antara subjek dengan sumber,” disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (1-6-2017).

Pameran Lahirnya Pancasila ini akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy besok pada hari Jumat, tanggal 2 Juni 2017 pukul 15.00 WIB. Pameran Lahirnya Pancasila ini akan menampilkan arsip-arsip dengan nilai kesejarahan tinggi seperti dokumen-dokumen tentang persidangan Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Dokuritzu zumbi tyoosakai, teks pidato Soekarno tentang Pancasila, penyusunan konsep pembukaan Undang Undang Dasar 1945, serta kitab Sutasoma asli karya Mpu Tantular yang menjadi sumber semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Selain itu, dalam pembukaan pameran akan ditayangkan film Pantja-sila: Cita-cita dan Realita karya Tino Saroengallo.
 Pameran Arsip Lahirnya Pancasila
Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Satu tahun semenjak Keppres tersebut dikeluarkan, pemerintah memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila melalui beragam kegiatan yang terangkum dalam Pekan Pancasila yang berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai dengan 4 Juni 2017.

Pancasila sebagai falsafah atau pandangan hidup dan Ideologi atau dasar negara, serta juga sebagai wahana pemersatu bangsa Indonesia yang dilahirkan dari buah pemikiran para pendiri bangsa. Diharapkan, dengan digelarnya pameran ini menjadi pemantik kesadaran revitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai jiwa bangsa yang mendasari seluruh kehidupan Indonesia sebagai sebuah negara.

“Akan dibuat paket pameran Lahirnya Pancasila ini untuk dapat dibawa ke kota-kota lain,” kata Hilmar.

Sumber : Kemdikbud

Perhatian:  Sebelum menutup Artikel "Kemdikbud Adakan Pameran Arsip Lahirnya Pancasila Mulai 2  - 15 Juni 2017" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Posting Komentar untuk "Kemdikbud Adakan Pameran Arsip Lahirnya Pancasila Mulai 2 - 15 Juni 2017"