Cara Menggunakan Aplikasi SisPenA untuk Akreditasi Sekolah

Cara Menggunakan Aplikasi SisPenA untuk Akreditasi Sekolah
Gurumaju.com - Selamat jumpa kembali dengan Admin Gurumaju.com dimana pada artikel kali ini akan membahas sistem baru yang di keluarkan oleh BAN-SM yaitu Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah atau disebut (SisPenA). dengan dikeluarkannya sistem ini maka untuk rekan-rekan yang akan melakukan akreditasi sekolah maka mulai tahun 2017 ini telah menggunakan sistem SisPenA ini. lalu bagaimana cara menggunakan sistem ini?, silahkan untuk disimak tutorial bagaimana cara menggunakan Aplikasi SisPenA ini.

Aplikasi SispenA ini ialah sebuah aplikasi penilaian Akreditasi yang telah berbasis web, maksudnya ialah aplikasi ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja asalkan Anda terhubung dengan internet. jadi jika rekan-rekan ingin menggunakan aplikasi ini maka wajib terhubung terlebih dahulu dengan internet.

Kelebihan dari Aplikasi SisPenA ini ialah bahwa Aplikasi SisPenA ini tidak hanya dapat diakses menggunakan laptop maupun komputer saja, akan tetapi Anda dapat juga meng-Akses Aplikasi SisPenA ini dengan menggunakan Handphone ataupun Tablet yang resolusinya lebih kecil. Jadi tanpa harus menggunakan Laptop maupun Komputer saja.

Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu :
1. Silahakan Anda Buka laman http://bansm.or.id/sispena
Login Langsung

2. Anda juga dapat meng-klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id
Login melalui laman Bansm

3. Maka setelah itu akan muncul halaman login
Tampilan Login pada Aplikasi SisPenA

4. Silahkan Anda masukkan user dan password yang dimiliki. dan pilih level pengguna yaitu Sekolah
Pilih pada level Sekolah

5. Saat Anda pertama kali masuk kedalam halaman login. Sistem secara otomatis akan menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah.
Silahkan Lengkapi Form Profil sekolah Anda

6. Silahkan untuk Mengisi Form tersebut dan ubahlah password. user Anda tetaplah NPSN dengan password atau kata sandi yang sudah dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali kedalam sistem ini nantinya.
7. Jika telah selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Silahkan masuk ke area penilaian evaluasi diri.
Lengkapi isian Evaluasi Diri Sekolah

8. Pada tabel sekolah yang tampil terdapat banyak tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian evaluasi diri sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.
9. Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.

REKOMENDASI


10. Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan
11. Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuaan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.
12. Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
13. Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri
14. Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi.
15. Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.


Untuk panduan lengkapnya beserta Gambar, Anda dapat mendownload file yang telah Admin sediakan pada tombol download dibawah ini.
PANDUAN SisPenA SEKOLAH 
 

Perhatian:  Sebelum menutup Artikel "Cara Menggunakan Aplikasi SisPenA untuk Akreditasi Sekolah" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi SisPenA untuk Akreditasi Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel