Cara Pengisian Efiling 1770 SS Lengkap dengan Gambar dan Video Resmi

Cara Pengisian Efiling 1770 SS
Gurumaju.com - Efiling adalah cara melaporkan SPT anda yang dilakukan secara online, cepat, dan gratis. Cara pelaporan seperti ini sangat memudahkan kita karena dengan cara ini kita tidak perlu lagi antri di Kantor pajak, tidak ribet, dan juga dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja, yang penting Anda terkoneksi dengan internet.

Artikel kali ini akan membahas mengenai pengisian efiling pajak 1770 SS tahun ini, yang telah Admin lengkapi dengan gambar dan juga video dengan harapan untuk memudahkan Anda para pengunjung gurumaju.com mudah dalam memahami tutorial ini.
 
Apakah Anda termasuk dalam kategori pelaporan Efiling 1770 SS (Sangat Sederhana)
a. Penghasilan Anda setahun kurang dari 60 juta
b. Pekerjaan Anda adalah Pegawai Swasta, PNS/ASN, TNI/polri, atau Pegawai BUMN/BUMD
c. Anda Bukan Pengusaha atau pekerjaan bebas
Jika anda memenuhi kriteria di atas, maka Anda teruskan untuk membaca tutorial Pelaporan Efiling 1770 SS ini.
 
Terdapat tiga langkah yang harus Anda ikuti
1. Isi Data Formulir
2. Isi Data SPT
3. Kirim SPT
 
Berikut adalah langkah untuk mengisi SPT 1770 SS secara online, baik dalam bentuk video maupun gambar.
1. Isi Data Formulir
Silahkan buka laman : djponline.pajak.go.id atau bisa juga E filing pajak : efiling.pajak.go.id  (dari kedua link tersebut pada akhirnya akan membuka 1 laman yang sama)
Login dengan akun efiling anda, masukkan NPWP dan Password di kolom login.  ( jika Anda belum punya akun, silahka lakukan registrasi terlebih dahulu. silahkan baca :Cara Mendapatkan Efin Untuk Pelaporan SPT Tahun 2017 Atau Cara melakukan Registrasi DJP Online Atau Mungkin Juga Cara Reset Password pada DJP Online 2017

Lakukan Login DJP Online

Setelah Anda melakukan login, silahkan klik salah satu tulisan efiling. Tulisan tersebut berwarna hijau, kadang ada di sebelah kiri atau kanan. ( silahkan lihat gambar)
Klik gambar tulisan Efiling

Klik salah satu tulisan buat SPT yang terdapat pada laman tersebut. (Lihat gambar)
Pilih Buat SPT

Jawab Pertanyaan yang ada, Admin contohkan misalnya (lihat gambar dibawah):
1) TIDAK melakukan usaha/pekerjaan bebas
2) TIDAK pisah harta
3) YA, kurang dari 60 juta. Kemudian klik SPT 1770 SS
Isikan Formulir SPT

Silahkan Isikan data formulir Anda. dan silahkan Pilih tahun pajak yang ingin Anda laporkan, pilih status SPT, kemudian klik tombol Berikutnya.
silahkan Pilih tahun pajak

Untuk status SPT: Misalnya, anda ingin melaporkan SPT tahun 2016.  Jika Anda belum pernah melaporkan SPT untuk tahun tersebut, pilih NORMAL. Jika sudah pernah, dan sudah menerima tanda terima tetapi ingin membetulkan silahkan pilih Pembetulan.
 
2. Isi Data SPT
Lengkapi semua isian bagian A. Sesuaikan dengan bukti potong A1/A2 yang Anda miliki. Jika telah selesai, silahkan klik tombol  Berikutnya.
Sesuaikan dengan bukti potong A1/A2

Isikan juga pada Bagian B. jika Anda memiliki penghasilan yang dikenai PPh final dan PPH yang tidak termasuk objek pajak. Jika tidak ada, langsung klik tombol Berikutnya.

jika Anda memiliki penghasilan yang dikenai PPh final

Setelah itu, silahkan Isikan jumlah total harta dan kewajiban/utang yang anda miliki pada bagian C. Isikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. angka pada gambar  hanyalah contoh. Setelah itu kik tombol Berikutnya.
silahkan Isikan jumlah total harta dan kewajiban/utang

Kemudian silahkan Baca pernyataan yang ada. Silahkan klik /centang pada tulisan setuju. Kemudian klik tombol Berikutnya.
Lakukan Ceklis Pada Setuju

3. Kirim SPT
Langkah selanjutnya adalah mengirim SPT. Anda klik tulisan di sini lalu pilih email (tahun ini DJP belum mendukung pengiriman melalui nomor HP).
Ambil Token

Melalui Email atau No. HP

Setelah langkah diatas selesai, silahkan Buka email anda, kemudian copy/salin atau catat kode verifikasi yang masuk pada email Anda. 
Lihat Email untuk mengetahui Token diberikan

Silahkan pastekan atau tulis kode verifikasi yang Anda dapatkan dari Email Anda tersebut di kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya klik kirim
Masukkan Kode Verifikasi

 
Jika berhasil, Anda akan otomatis dibawa kelaman daftar SPT. Anda juga dapat membuka email untuk melihat atau mencetak tanda terima SPT Tahunan Anda.
Pelaporan SPT Online selesai


Untuk yang kurang jelas dengan penjelasan diatas, Anda dapat melihat video tutorial dibawah ini:

Terima kasih atas perhatian Anda, semoga dengan kemudahan ini wajib pajak semakin rajin untuk melaporkan pajak…


----------------------------------------------------------------------------------
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Cara Pengisian Efiling 1770 SS Lengkap dengan Gambar dan Video Resmi" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan untuk menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pengisian Efiling 1770 SS Lengkap dengan Gambar dan Video Resmi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel