Kelebihan dan Kekurangan dari E-Form, Fitur Baru DJP Online

Kelebihan dan Kekurangan dari E-Form, Fitur Baru DJP Online
Gurumaju.com - Pada kali ini kembali lagi membahas mengenai pajak online oleh direktorat Jendral Pajak (DJP Online), dimana pada artikel ini Admin akan mengupas tuntas dari kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki E-Form, yaitu fitur baru yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP Online).

Dan dibawah ini akan Coba Admin jelaskan dari Kelebihan dan juga Kekurangan/Kelemahan dari Pelaporan SPT dengan Menggunakan layanan E-Form ini.
Kelebihan dari E-Form adalah:
1. Kelebihan E-Form di bandingkan dengan efiling ialah kalau koneksi putus data kita tidak hilang, pasti tersimpan. pastinya sesuai jargon E-Form.
Jargon E-Form ialah :  ngisinya offline, lapornya online
2. Anda Tidak perlu membuat csv seperti espt 1770 OP
3. Daftar harta dan keluarga di tahun lalu otomatis muncul, sama seperti efilling
4. Tampilannya seperti SPT, jadi pastinya lebih ringkas.
diatas ialah beberapa kelebihan dari penggunaan E-Form yaitu fitur baru yang dimiliki oleh Direktorat Jendral Pajak Online. dan untuk kekurangan/kelemahan dari E-Form DJP Online ini ialah seperti yang admin berikan dibawah ini.

Baca Juga: Cara Pengisian Efiling 1770 SS Lengkap dengan Gambar dan Video Resmi
 
E-Form juga punya kelemahan/Kekurangan, yaitu :
  1. Hanya bisa lewat laptop/PC dan harus menginstall Aplikasi viewer terlebih dahulu.
  2. Bagi Anda yang belum pernah mengisi SPT secara manual, menggunakan e form mungkin agak susah.
  3. E-Form Hanya dapat untuk pengisian masa pajak tahun 2016 dan sesudahnya.
  4. Ada dokumen PDF yang harus diupload (ya meskipun dalam proses pembuatan pdf ini tidak sampai 5 menit, namun cukup menyita waktu juga…)
dan begitulah kira-kira kekurangan atau kelemahan dari penggunaan E-Form dari DJP Online ini, untuk artikel selanjutnya Admin akan coba praktikkan cara melakukan pelaporan SPT menggunakan E-Form dari DJP Online ini dan hanya akan Admin share di gurumaju.com. jadi jangan kelewatan untuk artikel selanjutnya ya….


Perhatian:  Sebelum menutup Artikel "Kelebihan dan Kekurangan dari E-Form, Fitur Baru DJP Online" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan dari E-Form, Fitur Baru DJP Online"

  1. mau tanya klo mau cetak formulir IV di e form yg jumlah hartanya sampe 50 halaman, gimana ya? soalnya sy cb tp cm satu halamn ja yg bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mf, tolong diperjelas pertanyaannya. maksud cetak itu cetak setelah upload atau belum???

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel