Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Presiden Kepada Para Guru di Seluruh Indonesia

Pesan Presiden Kepada Para Guru di Seluruh Indonesia
Pesan Presiden kepada guru, pesan presiden pada hari guru, tiga pesan presiden kepada para guru

Gurumaju.com – Ada beberapa pesan yang disampaikan kepada para guru di Indonesia, pesan tersebut disampaikan pada peringatan hari guru yang diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC). dan berikut beberapa pesan Bapak Presiden Joko Widodo kepada para guru:
 
  1. Keberagaman, NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhineka Tunggal Ika. Menurut Presiden, guru berperan penting dalam membimbing dan mengisi anak anak didik hingga mereka tahu bahwa negara ini kaya akan keragaman. Tidak ada negara seperti Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau, 516 kabupaten/kota, 34 provinsi, 700 suku, 1.100 bahasa lokal. "Betapa kita ini sangat beragam. Ini harus kita jaga dan rawat. Seni budaya kita ribuan, bahkan mungkin puluhan ribu," ujarnya, "Saya minta guru selalu sampaikan hal ini pada anak didik agar kita bisa bersatu dan rukun di antara saudara. Kita memang beda, kulit, rambut, mata, semua beda. Bangsa ini ke depan harus tetap satu, NKRI, dalam keadaan dan situasi apapun," tambahnya.
  2. "Etika berbicara, etika menghormati guru, orang tua, senior, karena ini adalah nilai Indonesia, (harus ditanamkan) sejak dini, dari Paud, TK, SD, sampai ke atas," pintanya. Presiden menilai bahwa selain keahlian pada bidang ilmu seperti matematika, fisika, PPKN, Kimia, dan Biologi, nilai etika kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, optimisme juga perlu disuntikkan kepada anak didik. Dengan demikian, generasi masa Indonesia diharapkan akan siap menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.
  3. Di era keterbukaan, Presiden memandang penting mengisi anak didik dengan kepribadian dan karakter Indonesia. Menurutnya, sikap saling menghujat, memaki, menjelekan, fitnah, adu domba bukanlah tata nilai Indonesia."Tapi sekarang ada semua di medsos kita. Ini tugas guru untuk memberi tahu kepada anak didik kita bahwa nilai keindonesiaan kita bukan itu," katanya. "Saya titip anak-anak kita diajak bermedsos yang santun dengan tata nilai etika yang baik, mengajak ke hal yang positif, karena itulah nilai keindonesiaan kita," ujarnya.
"Saya percaya satu orang hebat bisa melahirkan beberapa karya hebat. Tapi satu guru hebat, bisa melahirkan ribuan orang hebat," Ucap Presiden Joko Widodo

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Posting Komentar untuk "Pesan Presiden Kepada Para Guru di Seluruh Indonesia"