Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA Sederajat Tahun 2017

Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA Sederajat Tahun 2017
jadwal un tingkat smp/mts sma/smk sederajat tahun 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb.  Selamat Jumpa lagi dengan Admin melalui blog www.gurumaju.com, blog yang menyajikan berbagai informasi sekitar dunia pendidikan, membahas berbagai tutorial untuk guru, siswa, mahasiswa, maupun untuk siapapun yang memerlukannya seperti tutorial tentang office, blogging, dan lain sebagainya.

Bahkan blog ini menyajikan informasi tentang lowongan pekerjaan untuk Adik-adik yang mungkin baru lulus sekolah maupun kuliah. Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas "Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA Sederajat Tahun 2017". Semoga artikel yang Admin bagikan ini dapat memberi manfaat untuk semuanya.

Pada hari kamis tanggal 22 desember 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (rakor) Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah tahun 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta. Rakor diikuti oleh 563 peserta, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota, Kepala P4TK, dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia. Pada kesempatan tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan beberapa pokok kebijakan terkait pelaksanaan UN dan ujian sekolah.

"Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer,” disampaikan Mendikbud kepada para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Plaza Insan Berprestasi.  
 
Mendikbud juga menyampaikan nantinya soal-soal USBN akan dibuat oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai organisasi profesi. Adapun soal tersebut akan dibuat dengan perpaduan soal yang dibuat oleh guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 direncanakan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017, dengan rincian :
Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 untuk SMK pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017
Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 untuk SMA/MA pada tanggal 10 sampai dengan 13  April 2017.
Sedangkan Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 untuk SMK SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang, yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, 16 Mei.

Adapun mata pelajaran yang akan diujikan pada UN tahun 2017, untuk jenjang (SMP/MTs) diantaranya:
  • Matematika
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Pengetahuan Alam
 
Untuk (SMA/MA) ditambahkan satu mata pelajaran sesuai dengan jurusan/peminatan siswa, sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.
 
Sementara untuk USBN, mata pelajaran yang diujikan adalah :
Pendidikan Agama
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Untuk SMP/MTs ditambahkan mapel Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk SMA/MA, terdapat juga mapel Sejarah dan tiga mapel sesuai program studi yang diambil siswa, seperti Fisika, Kimia, Biologi;
untuk jurusan/peminatan IPA, Ekonomi, Geografi, Sosiologi untuk jurusan/peminatan IPS, dan Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing untuk jurusan/peminatan Bahasa.
Sementara untuk siswa SMK, terdapat uji keterampilan komputer.

Dirjen Dikdasmen berpesan agar Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota segera menetapkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK dan merancang pengindukan sekolah-sekolah yg belum memiliki fasilitas UNBK. “Paling lambat 15 Januari 2017 sudah harus dipastikan agar persiapan selanjutnya seperti pelatihan proktor, uji coba, dan simulasi dapat dilakukan dengan baik,” tambah Hamid.

Untuk artikel selengkapnya tentang UNBK silahkan baca  UN Berbasis Komputer Jauh Lebih Hemat Dibanding UN Kertas Pensil


Sebelum Anda menutup Artikel "Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA Sederajat Tahun 2017" ini, Jika ada pertanyaan, saran, masukan silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika sobat merasa artikel diatas bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol share :) Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA Sederajat Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel