Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INGAT..!, ADA SOAL ISIAN SINGKAT PADA UN 2018

TERDAPAT SOAL ISIAN SINGKAT PADA UN 2018
TERDAPAT SOAL ISIAN SINGKAT PADA UN 2018
Gurumaju.com –  Sepertinya akan ada sedikit perbedaan dari UN (Ujian Nasional) Tahun 2018 mendatang, Mengapa Admin katakan berbeda dengan UN (Ujian Nasional) pada Tahun-tahun sebelumnya yaitu pada UN Tahun 2018 direncanakan ada soal Isian Singkat Untuk mata pelajaran Matematika.

Seperti yang Admin Kutip dari Situs Resminya Kemdikbud.go.id, bahwa kebijakan baru ini diterapkan dalam rangka untuk mengukur kemampuan siswa dalam melalui soal yang menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills).

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kiki Yuliati, saat pembukaan Rapat Koordinasi Training of Trainers (ToT) Sosialisasi Pelaksanaan UN 2018 di Jakarta, Minggu (11/12/2017).
“Dari sisi tujuan penilaiannya sendiri, isian singkat ini untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi para siswa,” kata Kiki.

Kiki menegaskan, bahwa isian singkat pada mata pelajaran matematika tersebut tidak sama dengan esai. Namun, akan ada mekanisme penilaian atau scoring khusus untuk jawaban berupa isian singkat yang dimaksud.

Saat ini BSNP dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru mengembangkan soal UN dengan jawaban isian singkat untuk mata pelajaran matematika. Ke depan, secara bertahap akan dikembangkan juga untuk soal dengan jawaban isian singkat untuk mata pelajaran yang lainnya.
“Kita baru mengembangkan matematika untuk skala jumlah peserta UN yang besar ini. Kita lakukan bertahap, dimulai dari matematika,” kata Kiki. Ia menambahkan, jumlah butir soal untuk isian singkat tersebut tidak banyak. “Jadi belum dominan,” jelasnya.

Sejak bulan Agustus 2017, BSNP telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dapat diunduh di laman https://www.kemdikbud.go.id. Kiki menuturkan, kisi-kisi soal UN dibuat BSNP bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.

Kisi-kisi yang telah diterbitkan itu mencakup untuk semua soal, sehingga bisa dijadikan sebagai soal pilihan ganda maupun isian singkat. “Jadi satu kisi-kisi yang sama, lalu dari kisi-kisi itu kita memilah dan memilih mana yang bisa untuk pilihan ganda, mana yang bisa untuk isian singkat,” katanya.


Demikian  informasi mengenai TERDAPAT SOAL ISIAN SINGKAT PADA UN 2018 semoga bermanfaat.

Sumber : Kemdikbud

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "TERDAPAT SOAL ISIAN SINGKAT PADA UN 2018” ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Posting Komentar untuk "INGAT..!, ADA SOAL ISIAN SINGKAT PADA UN 2018"