Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zonasi Guru Segera Dilaksanakan, Rotasi Guru Setiap 4 Tahun

Gurumaju.comZonasi Guru Segera Dilaksanakan, dan untuk rotasi Guru Mendiknas berencana akan melakukannya setiap 4 Tahun sekali, dengan tujuan untuk melakukan Pemerataan.
Zonasi Guru Segera Dilaksanakan
Zonasi Guru Segera Dilaksanakan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan pendistribusian guru berbasis zonasi mulai diterapkan tahun ini. Dilakukan secara bertahap bersamaan dengan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SD, SMP dan SMA.

Rencana tentang Program Redistribusi dan Zonasi Guru telah dicanangkan sejak sekitar 2 Tahun yang lalu, Guru yang diprioritaskan untuk diredistribusi adalah pegawai negeri sipil yang menumpuk di satu sekolah. Redistribusi ini dianggap penting untuk memetakan dan membangun kualitas sekolah secara merata.

Selain Guru yang berstatus PNS, Guru Honorer yang bersertifikasi juga akan disebar merata ke setiap sekolah dalam satu zona. Guru dengan domisili terdekat dengan sekolah mendapat prioritas. Guru yang terkena rotasi ke luar zona bisa terjadi jika kuota guru di dalam satu zona sekolah sudah penuh.

Dalam perencanaannya, Kemendikbud menargetkan 6 poin yang bisa dicapai melalui kebijakan tersebut. Yakni:
  1. Menghilangkan eksklusivitas sekolah,
  2. Mengintergrasikan pendidikan formal dan nonformal,
  3. Mendekatkan sekolah dengan lingkungan peserta didik,
  4. Pemerataan mutu pendidikan dasar dan menengah,
  5. Pemerataan distribusi guru, dan
  6. Mengatur perekrutan siswa.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, zonasi merupakan puncak dari reformasi atau restorasi pendidikan nasional. Ia optimistis, pemantapan zonasi akan berjalan lancar karena mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Dengan menerapkan zonasi, pemerintah bisa menyalurkan anggaran bantuan lebih tepat dan efektif.

Demikian Informasi mengenai Zonasi Guru Segera Dilaksanakan, Rotasi Guru dilakukan Setiap 4 Tahun yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Zonasi Guru Segera Dilaksanakan, Rotasi Guru Setiap 4 Tahun"