Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019 / 2020

Gurumaju.com – Surat Edaran SE Mendikbud Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2019 / 2020 yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019 / 2020
Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019 / 2020

Berikut ini adalah isi dari Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019;

Kepada Yth:
1 . Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
3. Para Kepala Sekolah di seluruh Indonesia

Dalam rangka pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Kegiatan PLS dilaksanakan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.
  2. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya wajib mengawasi kegiatan PLS.
  3. Pelaksanaan PLS, agar didahului dengan menghadirkan orang tua/wali peserta didik baru disekolah untuk diberikan penjelasan tentang profil sekolah, dan selanjutnya secara simbolis menyerahkan peserta didik baru kepada pihak sekolah.
  4. PLS dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan PLS, dan pelaksanaannya  diatur oleh setiap Satuan Pendidikan menyesuaikan dengan kondisi jam belajar di sekolah.
  5. Kepala sekolah bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam PLS.
  6. Apabila dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah terjadi pelanggaran, dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai kewenangannya wajib menghentikan kegiatan PLS dan memberikan sanksi sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 pada pasal 7 dan 8.

Selengkapnya mengenai SE Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019, dapat Anda download melalui tautan dibawah ini;

SE PLS Tahun 2019 [Download]

Demikian Informasi mengenai Surat Edaran SE Kemdikbud Tentang  Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019 yang dapat Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019 / 2020"