Penerimaan CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannya

CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannya
CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannya
Gurumaju.com –  CPNS 2018, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN-RB) saat ini masih melakukan perhitungan jumlah formasi untuk pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2018, atau CPNS 2018. Menurut Informasi sementara, diperkirakan penghitungan jumlah formasi akan selesai dalam waktu dekat ini.

MENPAN-RB Asman Abnur menargetkan perhitungan kebutuhan CPNS sudah harus ditetapkan pada bulan Mei tahun 2018. Oleh sebab itu Menpan-RB Asman Abnur menginginkan supaya perhitungan diselesaikan sebelum bulan Mei.
"Jadi secara hitung-hitungan kita akan kelarkan sebelum bulan Mei. Jadi nanti kita berharap bulan Mei sudah bisa kita tetapkan termasuk untuk kebutuhan formasi untuk daerah," kata Asman di Jakarta, seperti ditulis Senin (26/3/2018).

Dalam beberapa kesempatan Menpan-RB juga mengungkapkan bahwa pembukaan lowongan CPNS 2018 akan dilakukan setelah selesai gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Sementara itu diketahui bahwa pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018 akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Sedangkan rekapitulasi akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018.

Kemudian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan seleksi CPNS 2018 akan dimulai sekitar 20 hari hingga sampai satu bulan setelah setelah pelaksanaan Pilkada 2018. Jangka waktu tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.
"Setelah Pilkada akan diumumkan, nah sesuai dengan PP 11 Tahun 2017, itu ada waktu antara 20 hari sampai sebulan itu untuk memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik kita mendaftarkan diri secara online di sscn.bkn.go.id. Setelah itu nanti akan ada proses seleksi administrasi dari lembaga dan daerah masing-masing," kata Karo Humas BKN Mohammad Ridwan.

Menurut Mohammad Ridwan, Jika semua permasalah adminstrasi telah diselesaikan, maka pihaknya bisa langsung melakukan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) atau tes berbasis online menggunakan komputer.
"Ketika sudah selesai semua administrasi dokumen online itu, tiba masanya kemudian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan CAT BKN. Kalau di luar itu, untuk Seleksi Kompetensi Bidang biasanya K/L sendiri yang menyelenggarakan, walaupun ada beberapa yang menggunakan CAT BKN," Katanya.

Kesimpulan yang dapat kita ambil ialah bahwa jika ada informasi Penerimaan CPNS 2018 sebelum berlangsungnya Pilkada serentak 2018 maka sudah dapat dipastikan informasi tersebut ialah Hoax atau palsu. Tetap waspada, dan Informasi Mengenai Penerimaan CPNS yang paling valid ialah bersumber dari Websiter resmi pemerintah seperti bkn.go.id atau menpan.go.id.

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannya. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Sumber: Detik.com

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannyaini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…
Penerimaan CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannya Penerimaan CPNS 2018, Begini Alur dan Waktu Pelaksanaannya Reviewed by Guru Maju on 11:10 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.