Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LITERASI DIGITAL DAPAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX

LITERASI DIGITAL DAPAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX
LITERASI DIGITAL DAPAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX
Gurumaju.com –  Pakar komunikasi dari Universitas Moestopo, Dwi Ageng Widarni, menyatakan literasi digital dapat mencegah penyebaran informasi bohong "hoax" yang beredar di masyarakat.
"Dengan adanya literasi digital, informasi bohong tidak mudah menyebar. Masyarakat dapat menyeleksi sendiri mana kabar yang mau disebarkan dan mana yang tidak," ungkap Dwi Ageng Widarni di Jakarta, Kamis.

Dwi Ageng Widarni mengaakankan pada era "tsunami" informasi seperti saat ini, perlu adanya penyeleksian yang dapat dimulai dari diri sendiri. pada dunia maya, Informasi akan lebih cepat menyebar tanpa memperhatikan kebenaran dari Informasi tersebut.
"Lebih cepat menyebarnya dibanding akurat. Untuk itu perlu literasi digital. Dengan adanya pengetahuan literasi digital, masyarakat akan mampu menyeleksi apakah kabar tersebut layak untuk disebarkan atau tidak, manfaatnya apa dan lainnya," katanya.

Menurut Dwi Ageng Widarni, melalui berita bohong nantinya akan berujung pada perundungan digital. Baik hoax maupun perundungan digital memiliki kaitan yanng erat.
"Sebenarnya semua rentan terhadap hoax, namun yang lebih utama dalam hal tersebut ialah perempuan dan anak. Perempuan mendapatkan perhatian karena merupakan pengambil keputusan, sementara anak sangat berperan dalam penyampaian informasi pada orang tuanya," Jelasnya.

Oleh karena itu, perempuan dan anak yang paling penting untuk mendapatkan literasi digital. Hal utama yang perlu dilakukan untuk memberantas hoax adalah melakukan verifikasi. Masyarakat dapat menggunakan "browser", untuk memastikan kebenaran kabar tersebut. Masyarakat bisa mempercayai kabar yang ada centang birunya atau dari akun yang terverifikasi.
"Untuk memberantas berita hoax, tidak dapat dilakukan sendirian. Kita harus saling bekerja sama dengan banyak pihak," Ucap dia.

Sumber: Antaranews

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "LITERASI DIGITAL DAPAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX” ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Posting Komentar untuk "LITERASI DIGITAL DAPAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX"