Lama Tidak Mengalami Kenaikan, Kemendikbud Usulkan Kenaikan Dana BOS

Lama Tidak Mengalami Kenaikan, Kemendikbud Usulkan Kenaikan Dana BOS
Lama Tidak Mengalami Kenaikan, Kemendikbud Usulkan Kenaikan Dana BOS
Gurumaju.com –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan usulan Kenaikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada rapat kerja Komisi X DPR RI, yang jika disetujui usulan tersebut maka Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bakal ditingkatkan jumlahnya di tahun depan.
“Kami mengusulkan kenaikan satuan biaya untuk BOS sebagai kompensasi inflasi yang tinggi, dan mengingat biaya satuan BOS ini tidak mengalami kenaikan sejak 2015,” kata Muhadjir yang Gurumaju.com kutip dari situs JPNN

Secara umum alokasi anggaran fungsi pendidikan dalam dana anggaran meningkat cukup signifikan, dimana yang awalya dari Rp 419,8 triliun di tahun 2017 ini menjadi sebesar Rp 440,9 triliun pada tahun 2018 nanti. Ada pun untuk porsi Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditransfer ke daerah mencapai 63 persen atau sebesar Rp 279,3 triliun.

Mendikbud Muhadjir mengatakankan, saat ini DAK dibagi menjadi 2, yaitu Fisik dan Nonfisik. DAK Fisik untuk pendidikan di dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2018 nanti sebesar Rp 9,141 triliun. Setidaknya ada tiga jalur pemanfaatan DAK Fisik tersebut, yakni secara regular, penugasan, dan afirmasi.

Dan untuk DAK penugasan, alokasi diberikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk penyediaan seperti ruang praktik, laboratorium beserta perabotannya. juga penugasan di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) diperuntukkan bagi penyediaan ruang kelas baru (RKB) dan tempat tinggal guru.

Selanjutnya, jumlah alokasi untuk DAK Nonfisik mencapai Rp.112,166 triliun. DAK Nonfisik direncanakan untuk pemberian BOS, Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Tunjangan Profesi Guru PNSD, Tunjangan Khusus Guru PNSD di daerah khusus, dan juga Dana Tambahan Penghasilan (tamsil) Guru PNSD.

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Lama Tidak Mengalami Kenaikan, Kemendikbud Usulkan Kenaikan Dana BOSini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel