PEMBERITAHUAN:
Perlu diketahui, bahwa Mendownload di situs Gurumaju.com ini sangatlah mudah Anda hanya perlu meng-Klik Tautan yang telah disediakan maka Anda akan langsung mendapatkan file yang diinginkan (tidak diputar-putar melalui Safelink terlebih dahulu).

Kemdikbud Siapkan Rapor Karakter Untuk Mencatat Kepribadian Anak

Kemdikbud Siapkan Rapor Karakter Untuk Mencatat Kepribadian Anak
Kemdikbud Siapkan Rapor Karakter Untuk Mencatat Kepribadian Anak
Gurumaju.com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana akan mengeluarkan rapor baru untuk menilai perkembangan karakter siswa. Rapor ini akan berupa uraian penjelasan, bukan hanya angka seperti yang ada pada rapor selama ini. Rapor tersebut dibuat oleh sekolah yang sudah memulai penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Mendikbud mengatakan bahwa untuk rapor karakter tersebut adalah untuk menilai perkembangan sikap, minat dan juga bakat siswa. Menurut beliau, rapor ini sebagai instrumen baru dari implementasi program PPK. Rapor karakter juga akan digunakan sekolah saat membuka penerimaan peserta didik baru. Siswa wajib menyerahkan rapor karakter saat akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah lebih tinggi.

“Jadi rapor karakter itu ke depannya akan menjadi semacam portofolio siswa. Penilaiannya kualitatif. Sekolah wajib memasukkannya ke data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. Sekarang memang belum diterapkan, tapi ke depannya akan diterapkan di semua sekolah. Saat siswa akan melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya, yang dinilai ada dua rapor. Rapor kuantitatif dan kualitatif,”ungkap Muhadjir di Kantor Kemendikbud Senayan, Jakarta.

Ia menuturkan, rapor karakter sebetulnya sudah diterapkan di beberapa sekolah swasta. Namun, manfaatnya belum bisa dirasakan pihak di luar sekolah. Menurutnya, rapor karakter yang dimasukan ke Dapodik dapat diakses semua pihak, termasuk oleh kalangan industri.
“Kalangan industri yang butuh profil seseorang, dengan keahlian apa dan karakternya seperti apa nanti bisa dilihat di rapor karakter ini dan ditelusuri di Dapodik. Saya berharap demikian. Siswa yang berprestasi di OSIS, pernah jadi pemimpin, semua tercatat,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad menyatakan, untuk rapor akademik atau kuantitatif yang berupa angka akan tetap dipertahankan. Menurutnya, Kemendikbud sedang menyiapkan sistem untuk menampung rapor karakter yang sudah dirancang sejak awal tahun ini.

“Kemendikbud sekarang sedang mengembangkan rapor baru. Rapor pertama adalah rapor seperti yang selama ini ada, kemudian yang kedua nanti ada rapor karakter. Rapor karakter ini menyangkut semua karakter perilaku anak. Ini bertujuan agar anak yang berperilaku baik dan kurang baik bisa tetap dipantau oleh sekolah dan orang tua, termasuk sikap hidup bersihnya,” ungkapnya.

Sumber : Suara-Rakyat

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Kemdikbud Siapkan Rapor Karakter Untuk Mencatat Kepribadian Anakini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kemdikbud Siapkan Rapor Karakter Untuk Mencatat Kepribadian Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel