Alokasi Dana APBN 2018 Untuk Tunjangan Guru Naik

Alokasi Dana APBN 2018 Untuk Tunjangan Guru Naik
Alokasi Dana APBN 2018 Untuk Tunjangan Guru Naik
Gurumaju.com –  Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan salah satu porsi alokasi APBN pada tahun 2018 mendatang ialah untuk program Pendidikan. Menkeu mengatakan, hal tersebut adalah untuk menunjang pendidikan yang berkualitas. pemerintah akan menaikkan tingkat kesejahteraan Guru melalui peningkatan tunjangan Guru PNS.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2018 sebesar Rp 79,6 triliun. Anggaran tersebut naik sekitar 6% dari alokasi tahun sebelumnya, yaitu sekitar Rp 75,2 triliun. Nantinya anggaran dana tersebut dialokasikan melalui Transfer Daerah yaitu sebesar Rp58,3 triliun atau naik dari alokasi tahun sebelumnya, yaitu Rp52,8 triliun. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 3,9 juta PNSD.
"Salah satu faktor penting dalam efektivitas pendidikan ialah kualitas guru. Untuk itu, pemerintah tetap memperhatikan anggaran untuk para guru, antara lain dalam bentuk pemberian TPG," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Sidang Paripurna DPR, yang Gurumaju.com kutip dari Situs REPUBLIKA, Kamis (31/8).

Menkeu mengatakan selain PNS Daerah, para Guru yang berada di bawah lingkup Kementerian Agama juga akan mendapatkan tambahan tunjangan. Pemerintah juga mengalokasikan tunjangan profesi kepada 257.209 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar Rp11, 6 triliun melalui Kementerian Agama (Kemenag).

Sedangkan untuk guru non PNS, pemerintah juga mengalokasikan tunjangan sebesar Rp4,9 triliun melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Rp4,8 triliun melalui Kemenag. Anggaran tunjangan tersebut diperuntukkan bagi 222.204 guru Non PNS Kemdikbud dan 213.654 guru Non PNS Kementerian Agama yang telah lulus sertifikasi.
"Pemerintah terus berupaya agar pemberian TPG berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan pendidikan," Ungkapnya.


Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Alokasi Dana 2018, Untuk Tunjangan Guru Naikini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel