Pencairan PIP Dipercepat, Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-72

Pencairan PIP Dipercepat, Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-72
Pencairan PIP Dipercepat, Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-72
Gurumaju.com –  Direncanakan dana PIP (Program Indonesia Pintar) akan cair lebih cepat dibandingkan sebelum-sebelumnya. hal tersebut dikarenakan akan dilaksanakanannya acara Pada Hari kemerdekaan yang ke-72 RI. dan Berharap Dana PIP ini menjadi kado Istimewa dari pemerintah untuk dunia Pendidikan tepat dihari Kemerdekaan tahun ini.

Tidak kurang dari satu juta pelajar di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia akan menerima bantuan sebesar Rp 450.000 hingga Rp 1 juta sebelum HUT Kemerdekaan RI yang ke-72 diperingati pada tanggal 17 Agustus 2017 nanti.

Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrachman mengungkapkan bahwa, daerah yang menerima dana PIP sebelum hari kemerdekaan di antaranya ialah Kota Bogor, dengan jumlah penerima 9.048 siswa. Menurut dia, pemerintah menargetkan dapat menyalurkan dana PIP untuk 2.543.653 siswa jenjang SMP pada akhir bulan Agustus ini.

“Sebagaimana yang selalu disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy, PIP adalah program prioritas Presiden Jokowi untuk membantu para siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu sehingga diharapkan agar tetap melanjutkan sekolah,” ujar Alpha di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017 yang Gurumaju.com kutip dari Pikiran Rakyat.

Direktur Pembinaan SMP pada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Supriano mengatakan bahwa, percepatan penyaluran Dana PIP ini dilakukan agar siswa dari keluarga tidak mampu bisa memenuhi kebutuhan sekolah dan memanfaatkannya dengan baik. Dan juga sebagai kado peringatan HUT RI ke-72.
“Insya Allah di akhir Agustus nanti, seluruh siswa yang sudah terdaftar sekitar 2.543.653 siswa SMP penerima PIP mendapatkan manfaatnya,” ujar Supriano.

Supriano menjelaskan, percepatan pencairan PIP digelar selama dua hari, 1-2 Agustus 2017 di seluruh Indonesia. Untuk Kota Bogor, tersebar di 12 titik lokasi. Menurut dia, penerima PIP berdasarkan data terbaru yang diambil dari data pokok pendidikan Kemendikbud (DAPODIK). “Kami akan tuntaskan 100 persen untuk Kota Bogor,” ujarnya.

PIP adalah menjadi salah satu program prioritas pendidikan pemerintahan Presiden Jokowi yang terangkum dalam Nawa Cita. Program ini ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu. PIP terus digulirkan agar anak dari keluarga prasejahtera mendapat pendidikan yang berkualitas dan merata.
"Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh anak Indonesia. Untuk siswa SD/Paket A mendapatkan sebesar Rp 450.000, siswa SMP/Paket B mendapatkan sebesar Rp 750.000 dan siswa SMA/Paket C menerima sebesar Rp 1.000.000," ujarnya.

Sumber : Pikiran Rakyat

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Pencairan PIP Dipercepat, Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-72" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…
Pencairan PIP Dipercepat, Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Pencairan PIP Dipercepat, Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Reviewed by Guru Maju on 4:02 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.