Hari Kirim Buku Gratis Nasional Ditetapkan Tanggal 17 Setiap Bulannya

Hari Kirim Buku Gratis Nasional Ditetapkan Tanggal 17 Setiap Bulannya
Hari Kirim Buku Gratis Nasional Ditetapkan Tanggal 17 Setiap Bulannya
Gurumaju.com –  Najwa Shihab selaku Duta Baca Perpustakaan Nasional menyatakan bahwa pemerintah telah mencanangkan Hari Kirim Buku Gratis Nasional ke seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan setap tanggal 17 di tiap-tiap bulannya.

"Kita bersyukur karena saat ini sudah ada hari dimana kita bisa mengirimkan buku gratis kepada seluruh masyarakat, atau buat adik-adik sekolah kita di seluruh penjuru wilayah Indonesia pada setiap tanggal 17 setiap bulannya," ungkapnya saat bertemu dengan sejumlah wartawan di Kupang, Jumat.

Najwa Shihab mengatakan peringatan Hari Kirim Buku Gratis ke seluruh wilayah Indonesia tersebut telah ditetapkan sejak Mei lalu oleh Presiden Joko Widodo. Penetapan hari kirim buku tersebut lanjutnya disampaikan ketika kelompok Literasi diundang datang ke Istana untuk membicarakan masalah tentang kurangnya minat membaca masyarakat di Indonesia.
"Awalnya kami ke Istana hanya ingin meminta agar kalau bisa pengiriman buku ke sejumlah daerah lebih murah lagi, namun ternyata justru malah pemerintah mempertimbangkan lain," tuturnya.

Oleh karena hal tersebut, mulai sekarang siapapun bisa menyumbang atau mengirimkan buku dalam jumlah yang banyak ke seluruh pelosok Indonesia. tidak ada syarat tertentu, jadi jika ingin mengirim buku  lakukan setiap tanggal 17 setiap bulannya dan datang ke Kantor Pos untuk melakukan pengiriman kealamat yang dituju.

dengan dicanangkannya Hari kirim buku gratis keseluruh Indonesia tersebut diharapkan untuk mengansang dan meningkatkan minat baca masyarakat yang ada di Indonesia. karena dari hasil surveinya tetang kurangnya minat baca tersebut ialah akibat dari pasokan buku ke sejumlah daerah di Indonesia yang masih sangat kurang, khususnya buku-buku bagus.

Selain itu, mahalnya proses pengiriman yang justru lebih mahal dari harga bukunya, juga menjadi salah satu akibat mengapa sehingga masyarakat di pelosok daerah Indonesia tidak mendapatkan akses untuk membaca.
"Padahal kalau dilihat, banyak sekali adik-adik sekolah kita ketika dibawakan buku akan sangat senang sekali, tetapi ketika bukunya dibawa pulang pasti mereka akan sangat sedih," ungkapnya.

Sumber : Antara

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Hari Kirim Buku Gratis Nasional Ditetapkan Tanggal 17 Setiap Bulannya" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hari Kirim Buku Gratis Nasional Ditetapkan Tanggal 17 Setiap Bulannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel