Program PPK Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor Versi Siswa

Program PPK Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor Versi Siswa
Program PPK Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor Versi Siswa
Gurumaju.com –  Mendibud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Setiap sekolah diwajibkan memiliki dua Versi Rapor guna memantau perkembangan Murid.
"Sekolah nanti akan memiliki dua versi rapor, yang pertama rapor akademik untuk intrakulikuler, yang kedua rapor rekaman aktivitas siswa yang berupa naratif deskriptif untuk menceritakan tingkat perkembangan siswa dari tingkat SD hingga SMA," Ujar Muhadjir di Jakarta, Selasa.

Mendikbud mengatakan untuk rapor rekaman aktivitas murid antara lain akan meliputi laporan mengenai minat, bakat dan juga kemahiran istimewa murid. Dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini, akan ada porsi yang seimbang antara peranan sekolah dengan keluarga untuk sama-sama mendidik siswa.
"Ini dalam rangka implementasi manajemen pendidikan berbasis sekolah, sekolah harus mempunyai tanggung jawab untuk mengatur kegiatan belajar siswa baik di sekolah, masyarakat bahkan maupun di rumah," kata mendikbud

Dengan kegiatan sekolah lima hari, Mendikbud menjelaskan, orang tua dapat memiliki waktu untuk ikut mendidik dan mengasuh anak secara penuh selama dua hari libur sekolah. Menurutnya, Selama ini orang tua cenderung melimpahkan semua tanggung jawab pendidikan murid kepada sekolah.

Seperti diketahui, sekarang ini pemerintah tengah membuat Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Program Penguatan Pendidikan Karakter, yang diantaranya berkenaan dengan apakah semua sekolah akan diwajibkan menerapkan lima hari sekolah atau tidak.
"Nantinya akan diatur di Perpres, apakah nanti sifatnya pilihan atau bertahap kita akan lihat, saat ini kita sedang godok masalah tersebut," kata beliau.

Pada 19 Juli 2017 lalu, pemerintah telah melakukan rapat mengenai Rancangan Perpres untuk Penguatan Pendidikan Karakter. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan dalam program pendidikan Penguatan karakter seperti nilai integritas, religius, nasionalisme, kemandirian dan juga gotong-royong akan lebih ditekankan lagi kepada peserta didik.

Sumber : antara

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Program PPK Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor Versi Siswa" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Program PPK Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor Versi Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel