Presiden Hadiri Peluncuran Program Vokasi Industri Untuk SMK

Presiden Hadiri Peluncuran Program Vokasi Industri Untuk SMK
Presiden Hadiri Peluncuran Program Vokasi Industri Untuk SMK
Gurumaju.com –  Presiden Jokowi sapaan akrab Joko Widodo bersama menghadiri peluncuran Program Vokasi Industri wilayah Jawa Barat di PT Astra Otoparts Tbk Cikarang.
"Setelah pembangunan-pembangunan infrastruktur, tahapan besar selanjutnya yang harus kita lakukan ialah pembangunan SDM, dan ini sudah dimulai hari ini dengan training-training, kerja sama, link and match antara industri dan SMK, saya senang sekali juga industri dan pondok pesantren," Ujar Presiden Jokowi di kawasan industri "Greenland International Industrial Center, Cikarang.

Pada acara tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.
"Ketersediaan SDM adalah prasyarat industri, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perlu diantsipasi dengan pendidikan vokasi dengan berorientasi kebutuhan industri," ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

Dalam acara peluncuran tersebut terdapat sebanyak 141 industri dan 393 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menandatangani 800 perjanjian kerja sama. Sebelumnya juga telah ada 167 industri dan 626 SMK di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah DI Yogyakarta yang juga melakukan perjanjian kerja sama dalam tahap I dan tahap II. Sehingga menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto total terdapat 1.035 SMK dengan 307 Perusahaan dan terdapat 12.000 guru yang mengikuti pelatihan ini. sehingga satu SMK dapat dibina oleh lebih dari 1 industri karena setiap SMK terdapat kekhususan yang tentunya berbeda.

"Pelatihan vokasi industri 3 in 1 ini juga diikuti oleh 2 pesantren yaitu pesantren Nurul Iman yang bekerja sama dengan BTN dan pondok pesantren Sunan Drajat yang bekerja sama dengan BI," kata Airlangga.
Sebagian besar kerja sama ini dilakukan meliputi praktik kerja lapangan (PKL), kunjungan industri dan juga pengembangan kurikulum SMK. Sejak tahun 2009, Grup Astra yaitu Astra Honda Motor, United Tractors, Astra Daihatsu Motor, Astra International, Astra Otoparts dan 9 yayasannya termasuk Politeknik Manufaktur Astra di bawah Yayasan Astra Bina Ilmu telah membina 1.290 SMK.

Sumber : Antara

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Presiden Hadiri Peluncuran Program Vokasi Industri Untuk SMK" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Presiden Hadiri Peluncuran Program Vokasi Industri Untuk SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel