Kebijakan Sekolah Lima Hari Tidak Mengubah Struktur Kurikulum 2013

Kebijakan Sekolah Lima Hari Tidak Mengubah Struktur Kurikulum 2013
Kebijakan Sekolah Lima Hari Tidak Mengubah Struktur Kurikulum 2013
Gurumaju.com –  Dengan rencana Sekolah Lima Hari pastinya banyak yang mungkin bingung. akan menggunakan struktur kurikulum apa untuk nanti ketika melaksanakan sekolah lima hari. dan menerut keterangan bahwa sekolah lima hari nantinya tetap akan menggunakan Kurikulum 2013.

Penerapan kegiatan belajar mengajar selama 8 jam sehari atau lima hari dalam seminggu tetap akan menggunakan Kurikulum 2013. Kebijakan ini telah diterapkan pada sekolah-sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 dengan benar.

Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad mengatakan bahwa fokus pembinaan karakter bukanlah semata-mata pada mata pelajaran konvensional saja akan tetapi  juga mencakup kegiatanlainnya diantaranya kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Selain kurikulum inti yang disampaikan melalui kegiatan intrakurikuler, pada pasal 6 Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah dijelaskan bahwa kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler dapat dilakukan di luar kelas.

Dan Untuk pelaksanaannya pun bukan tunggal atau mandiri saja, tapi juga dapat menggunakan metode kerja sama,  baik antarsekolah maupun dengan lembaga-lembaga lain yang terkait. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan siswa dalam hari sekolah di antaranya ialah kegiatan pengayaan mata pelajaran, pembimbingan seni dan budaya.

Selain itu juga, Untuk pengembangan potensi, minat, bakat, serta kepribadian siswa juga dapat didorong melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Penerapan lima hari sekolah akan sangat beragam di setiap satuan pendidikan.

Pengaturan jadwal serta teknis pelaksanaan menjadi kewenangan pihak sekolah yang tentunya lebih mengetahui situasi dan kondisi di sekolahnya masing-masing. Diperlukan juga peran para guru, kepala sekolah dan juga komite sekolah dalam menjalin kerja sama untuk penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).


Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Kebijakan Sekolah Lima Hari Tidak Mengubah Struktur Kurikulum 2013" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kebijakan Sekolah Lima Hari Tidak Mengubah Struktur Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel