Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Pemesanan Buku K-13 di Laman e-katalog.lkpp.go.id

Cara Melakukan Pemesanan Buku K-13 di Laman e-katalog.lkpp.go.id
Gurumaju.com - Kembali lagi Gurumaju.com memberikan artikel tutorial bagaimana cara melakukan pemesanan buku teks pelajaran kurikulum 2013 (K-13) melalui laman Lembaga kebijakan Pengadaan Barang/Jasa pemerintah (LKPP).

Untuk Sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 (K-13) atau yang akan melaksanakannya maka dapat melakukan pemesanan buku teks pelajaran Kurikulum 2013 (K-13) melalui laman referesi dari pemerintah yaitu pada laman LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Buku-buku terebut dapat dibeli dengan dana BOS ( Bantuan Operasional Sekolah) dimana sesuai juknis untuk dana pembelian buku adalah 20% dari total dana yang diterima oleh masing-masing sekolah. atau setengah dari total penerimaan pada triwulan II (dua).

Dibawah ini Admin mencoba memberikan langkah demi langkah yang juga telah disertai dengan gambar sehingga Admin harapkan akan memudahkan para pembaca untuk mengikuti tutorial yang admin berikan pada artikel ini yaitu tentang langkah-langkah melakukan pemesanan Buku Kurikulum 2013 (K-13) pada laman LKPP.
Persiapan sebelum melakukan Buku ialah:
  1. User Id (yang digunakan di Aplikasi DAPODIK)
  2. Password ( yang digunakan di Aplikasi DAPODIK)


Untuk Pembayaran buku teks pelajaran Kurikulum 2013 (K-13) dilakukan setelah buku yang dipesat telah diterima oleh sekolah. dalam hal ini Ada dua metode pembayaran yang dapat Anda dipilih

1) pembayaran nontunai melalui payment gateway yang disediakan masing-masing penyedia
2) pembayaran nontunai melalui transfer langsung kepada rekening penyedia.
Berikut adalah langkah-langkah cara pemesanan Buku Kurikulum 2013:


1. Kunjungi laman e-katalog LKPP  https://e-katalog.lkpp.go.id/backend/iframe/bukuKurikulumK13  (jika anda tidak dapat masuk ke laman e-katalog LKPP, silahkan langsung saja ke laman toko buku kurikulum 2013 di sini https://www.intanonline.com/sso/default/index, kemudian berikutnya ke langkah ke 4)

2. Silahkan Pilih buku kurikulum 2013(K-13)  per semester yang akan Anda pesan.
Pilih Semester

3. Kemudian Pilihlah penerbit tempat memesan buku (pada contoh ini Admin menggunakan Intanonline/intan pariwara)
Pilih Penerbit tempat memesan buku
4. Setelah itu Klik tombol Login / Masuk untuk melakukan login ke halaman tersebut. (login menggunakan User dan Pass seperti pada Aplikasi DAPODIK)

Klik Login Dapodik Untuk melalukan login halaman

5. Login dengan menggunakan Username dan password sesuai dengan aplikasi DAPODIK sekolah Anda.
Gunakan Login Dapodik
6. Setelah itu, Isikan data pemesan dengan lengkap dan benar, kemudian klik simpan dan lanjutkan pemesanan. (Data ini nantinya akan menjadi acuan ketika pengiriman buku kesekolah Anda)
data yang Anda isikan diantaranya ialah :
  • NPSN Sekolah
  • NSS Sekolah
  • NPWP Sekolah
  • Nama Sekolah
  • Nama Kepala Sekolah
  • NIP Kepala Sekolah
  • dll
Isikan data pemesanan

7. Pada laman berikutnya, silahkan Isi jumlah buku yang akan dipesan, kemudian klik "Simpan dan konfirmasi pemesanan"
Isikan Jumlah Pesanan buku
8. Laman berikutnya untuk mengecek pesanan Anda apakah sudah sesuai atau belum, jika sudah sesuai, silahkan klik "Simpan dan lanjut pilih metode pembayaran"


Cek Pesanan Buku

9. Silahkan Pilih untuk metode pembayaran yang sesuai Anda inginkan. Selanjutnya Klik "Setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku", kemudian klik "Lanjut dan proses pemesanan".

Pilih Metode Pembayaran Buku

10. Kemudian silahkan buka Email Anda, dan Cek akun email anda untuk melakukan konfirmasi pembayaran (Jika tidak ada di kontak, silahkan lihat pada folder SPAM), kemudian klik "Konfirmasi pembayaran".
Konfirmasi Pembayaran Melalui Email

11. Jika anda merasa kesulitan/tidak menemukan email, Silahkan lakukan konfirmasi di sini. kemudian masukkan nomor pesanan anda.
Konfirmasi Pembayaran

12. kemudian silahkan Isikan form konfirmasi sesuai dengan no rekening yang anda gunakan untuk membayar buku pesanan, kemudian klik tombol "Submit".
Detail Konfirmasi Pembayaran



----------------------------------------------------------------------------------
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Cara Melakukan Pemesanan Buku K-13 di Laman e-katalog.lkpp.go.id" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Pemesanan Buku K-13 di Laman e-katalog.lkpp.go.id"